Mandi Jadi Sehari Sekali, Bagus Gak Sih?

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Rabu, 3 Maret 2021 16:27
Mandi Jadi Sehari Sekali, Bagus Gak Sih?
Karena pandemi, banyak orang jadi di rumah aja dan jarang mandi nih...

Sejak pandemi menyerang, banyak orang yang akhirnya benar-benar di rumah saja demi mencegah penyebaran virus corona. Kalaupun ke luar rumah, paling hanya sebentar untuk membeli perlengkapan atau makanan yang dibutuhkan.

Karena banyak menghabiskan waktu di rumah saja, banyak orang yang jadi jarang mandi. Yang tadinya sehari dua kali, jadi sehari satu kali aja.

Apakah mandi berubah menjadi sehari sekali aja itu bagus?

 

1 dari 3 halaman

Ilustrasi Wanita Mandi © Diadona

Berdasarkan penjelasan dr. Devia Irine Putri dari laman Klikdokter, mandi sekali dalam satu hari itu tidak menjadi masalah. Namun yang perlu diperhatikan adalah seberapa banyak ia mengeluarkan keringat. Jika kepada orang yang jarang berkeringat, mandi sehari satu kali aja itu nggak apa-apa.

" Pada dasarnya, mandi sekali sehari tidak ada masalah. Misalnya, pada bayi atau lansia yang jarang mengeluarkan keringat.

Namun untuk orang dewasa atau anak-anak yang beraktivitas aktif, apalagi kalau sering menghabiskan waktu di luar, sudah seharusnya mandi dua kali sehari.

" Selain orang dewasa yang aktif, anak-anak yang sudah banyak bergerak dan mengeluarkan banyak keringat juga disarankan untuk mandi dua kali sehari."

 

2 dari 3 halaman

Ilustrasi Wanita Mandi © Diadona

Intinya, mandi dua sehari itu diperlukan jika keringat yang dihasilkan banyak karena kegiatan yang dilakukan. Namun jika karena pandemi bikin kalian di rumah aja dan menghasilkan keringat yang sedikit, mandi sekali sehari juga nggak apa-apa.

Di samping itu, manfaat mandi sehari sekali itu bisa bagus buat kulit. Hal ini bisa menghindari kulit kering dan iritasi. Sebab sabdun dan air bisa melarutkan lipid pada kulit. Jika kulit rasanya kencang setelah mandi, itu artinya kulit terlalu kering. Minyak natural pada kulit jadi cepat menghilang.

 

Beri Komentar