23 Penyebab Asam Urat Tinggi dan Cara Mengatasinya

Reporter : Wicha Mashita
Rabu, 29 April 2020 16:07
23 Penyebab Asam Urat Tinggi dan Cara Mengatasinya
Kenali penyebab asam urat yuk, mencegah lebih baik kan daripada mengobati?

Biasanya penyakit asam urat diderita usia yang sudah dewasa atau bahkan tua. Tapi nggak ada salahnya buat mengenali penyebab asam urat sedini mungkin untuk mencegahnya daripada mengobati, ya kan?

Penyakit asam urat ini bisa lebih mudah menyerang laki-laki, khususnya di atas usia 30 tahun. Kalau perempuan biasanya terkena asam urat saat memasuki menopause. Penyakit asam urat ini bisa menyebabkan gejala nyeri yang nggak tertahankan, pembengkakan juga ada rasa panas di area persendian.

Di bagian sendi jari tangan dan kaki, lutut dan pergelangan kaki yang sering terkena asam urat. Seramnya, semua sendi di tubuh kita berisiko terkena asam urat. Nggak mau kan hari tua ditemani rasa sakit asam urat?

1 dari 7 halaman

Makanan Penyebab Asam Urat

Penyebab Asam UratPenyebab Asam Urat © Unsplash/ jeztimms
Penyakit asam urat tinggi bisa datang dari makanan yang kita konsumsi. Sebab, sebenarnya asam urat bukanlah penyakit melainnkan mekanisme alami yang dihasilkan tubuh untuk mengurangi zat purin.

Masalahnya jika mengonsumsi makanan dengan purin tinggi, tubuh akan menghasilkan asam urat berlebih. Maka dari itu, penting menjaga pola hidup sehat.

2 dari 7 halaman

Berikut ini makanan-makanan penyebab asam urat:

Makanan Penyebab Asam Urat yang Berzat Purin Tinggi

Penyebab Asam UratPenyebab Asam Urat © Shutterstock/ Ekaterina Kondratova
-Jeroan hewan (hati, ampela, paru, usus, dan otak)
-Makanan laut (ikan sarden, ikan makarel dan kerang).
-Ekstrak daging atau kaldu daging
-Daging Bebek

Makanan Penyebab Asam Urat yang Purinnya Sedang

Penyebab Asam UratPenyebab Asam Urat © Unsplash/ blsnki
-Daging sapi
-Daging Ayam
-Ikan laut (kecuali sarden, makarel dan kerang karena kadar purin mereka tinggi).
-Udang
-Tahu dan tempe

3 dari 7 halaman

Penyebab Asam Urat Tinggi

Penyebab Asam UratPenyebab Asam Urat © kronologi
Ada beberapa faktor yang bisa jadi penyebabnya selain makanan, diantaranya yaitu:

1. Memilki keluarga yang mengidap asam urat.
2. Baru mengalami cidera atau pembedahan (operasi).
3. Sering mengonsumsi makanan yang mengandung puring tinggi.
4. Mengonsumsi obat-obatan tertentu, seperti aspirin, obat penghambat enzim, sislosporin dan obat-obatan kemoterapi.
5. Memiliki kondisi media tertentu, seperti diabetes, penyakit jantung, penyakit ginjal, anemia, leukimia, sindrom metabolik, penyakit tiroid, kolesterol tinggi, sleep apnea, hipertensi dan obesitas.
6. Kelebihan berat badan menjadi faktor selanjutnya penyebab asam urat. Kondisi ini membuat ginjal kesulitan membuang asam urat dari tubuh.
7. Minuman berakohol. Tapi nggak hanya itu saja, suka dan sering mengonsumsi minuman yang kadar gulanya tinggi juga bisa menjadi penyebab asam urat tinggi.

4 dari 7 halaman

Sayuran Penyebab Asam Urat

Penyebab Asam UratPenyebab Asam Urat © Unsplash/ louishansel
Selain makanan-makanan di atas yang sudah disebutkan, ada juga beberapa sayuran yang perlu dihindari. Sebaiknya deretan sayuran ini nggak terlalu sering dikonsumi ya!

1. Bayam


Kandungan zat besi dan flavonoid dalam sayur bayam memang bagus dan menyehatkan. Tapi kadar purin dalam sayur bayam juga sangat tinggi dan bisa jadi penyebab asam urat. Mengutip dari AcuMedico, ada 50 gram purin untuk setiap 100 gram bayam loh!

2. Kembang Kol


Sayuran hijau selanjutnya yang bisa jadi penyebab asam urat adalah kembang kol. Lebih banyak dari bayam, ada 51 gram purin dalam 100 gram kembang kol.

 

5 dari 7 halaman

3. Asparagus

Penyebab Asam UratPenyebab Asam Urat © Unsplash/ lifecreated
Biasanya asparagus suka disajikan dalam banyak jenis hidangan khas Indonesia. Padahal kandungan purinnya cukup tinggi, sama seperti bayam.

4. Jamur


Selain rasanya yang enak dengan tekstur kenyal, jamur juga dipercaya memiliki asupan protein yang tinggi. Namun kandungan purin pada jamur juga cukup tinggi.

5. Kacang-kacangan


Kalau yang satu ini pantangan terbesar penyakit asam urat. Seperti dibahas sebelumnya kalau tempe dan tahu memiliki kadar purin yang sebaiknya dihindari.

6 dari 7 halaman

Buah Penyebab Asam Urat

Penyebab Asam UratPenyebab Asam Urat © Unsplash/ jimteo
Nggak hanya sayur-sayuran yang menyehatkan tapi kadarnya purinnya tinggi, ada beberapa buah-buahan yang perlu dihindari nih!

1. Durian


Raja buah yang bau dan rasanya juara ini memiliki kandungan kolesterol sangat tinggi. Kandungan kolesterol tersebut bisa memicu penyebab asam urat tinggi.

2. Nangka


Memiliki bentuk yang unik dan mirip Durian, buah nangka memang jadi kegemaran banyak orang. Tapi rasa manis dari buah nangka ini perlu dihindari. Jangan sering-sering lah.

7 dari 7 halaman

Cara Mengatasi Penyakit Asam Urat

Penyebab Asam UratPenyebab Asam Urat © Gettyimages
Setelah diketahui faktor penyebab asam urat, tentu bisa diambil benang merah bahwa kita perlu hidup sehat dengan menghindari makanan-makanan yang mengandung purin tinggi. Ada pula cara lainnya, yaitu:

1. Perbanyakan minum air putih.
2. Tidak banyak minum kopi.
3. Konsumsi buah yang mengandung antioksidan tinggi. Buah-buahan ceri, cuka apel, dan pisang bisa diandalkan untuk mencegah penyakit asam urat.
4. Jangan sampai obesitas.
5. Rajin berolahraga.
6. Mengonsumsi jahe, sebab ada kandungan senyawa anti inflamasi yang mengurangi pembengkakan dan peradangan penderita asam urat.

Hidup sehat yuk, biar bisa menikmati masa tua tanpa rasa sakit! 

Beri Komentar