Makan Timun Bantu Turunkan Tekanan Darah Tinggi, Mitos atau Fakta?

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Senin, 12 Juli 2021 07:27
Makan Timun Bantu Turunkan Tekanan Darah Tinggi, Mitos atau Fakta?
Katanya sih timun bisa bantu penderita hipertensi. Benar gak ya?

Kalian pasti udah sering banget mendengar kondisi tekanan darah tinggi. Ya, kondisi ini disebut dengan hipertensi. Tekanan darah tinggi bisa menyebabkan penderitanya memiliki risiko penyakit serius yang bisa mengancam nyawa. Sebut saja penyakit jantung, bahkan stroke.

Banyak kabar beredar mengenai cara pengobatan tekanan darah tinggi. Salah satunya adalah dengan mengkonsumsi timun, katanya tekanan darah tinggi bisa turun. Apakah benar demikian?

 

1 dari 4 halaman

Ilustrasi Wanita dan Timun © Diadona

Melansir dari Hellosehat, tekanan darah tinggi adalah kondisi yang tidak dapat disembuhkan. Namun meski demikian masih tetap dikendalikan. Selain mengandalkan obat-obatan dari dokter, sudah sebaiknya bagi pengidap hipertensi untuk menerapkan hidup sehat dan makan makanan yang bermanfaat untuk hipertensi, seperti timun.

Dalam 100 gram timun saja mengandung sekitar 136 mg kalium dan 12 mg magnesium. Sementara itu, kalium bisa berfungsi untuk membuat dinding pembuluh darah relaks sehingga bisa menurunkan tekanan darah. Selain itu, jumlah konsumsi kalium yang normal juga penting untuk menjaga detak jantung dalam angka yang normal.

 

2 dari 4 halaman

Dengan demikian, timun bisa dikatakan sangat bermanfaat untuk penderita hipertensi karena bisa mengendalikan tekanan darah tinggi dan juga tetap memastikan jantung sehat. Sebab dari American Heart Association, hipertensi bisa menyebabkan darah mengalir lancar karena pembuluh darah arteri pada jantung kurang fleksibilitas. Jantung pun jadi bekerja keras untuk memompa darah dan bia menyebabkan penyakit jantung.

Selain itu, kandungan asam amino pada timun sangatlah bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah, menurut penelitian di jurna Nutrients. Kambuhnya gejala hipertensi bisa dicegah dengan mengonsumsi jenis asam tersebut. caranya dengan menurunkan tekanan darah diastolik dan sistolik.

 

3 dari 4 halaman

Ilustrasi Wanita dan Timun © Diadona

Homeostasis tubuh pun jadi meningkat, sehingga tubuhnya bisa berfungsi normal meski terdapat perubahan di dalam maupun di luar tubuhnya. Dengan meningkatnya homeotasis tubuh dari timun ini, penderita hipertensi bisa terbantu dengan terjaganya tekanan darah dalam keadaan stabil.

Ditambah lagi, sebagai mana kita tahu, stres emang sering bikin emosi, sementara strees oksidatif bisa membuat seseorang berisiko hipertensi. Stres ini umumnya berasal dari zat radikal bebsar seperti asap rokok dan polusi udara. Namun, keadaan ini bisa diatasi dengan memperbanyak konsumsi makanan seperti timun yang kaya akan antioksidan.

Beri Komentar