Bisa Serang Orang Muda, Ini Cara Sederhana Cegah Hipertensi

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Kamis, 20 Mei 2021 08:27
Bisa Serang Orang Muda, Ini Cara Sederhana Cegah Hipertensi
Lebih baik mencegah daripada udah kejadian~

Hipertensi adalah tekanan darah ini. Penyakit ini memang rata-rata menyerang lansia, namun ternyata juga bisa menyerang orang muda lho! Penyakit ini juga disebut sebagai pembunuh diam-diam. Gejalanya tak jangka panjang namun mengancam nyawa di kemudian hari.

Dari pada terkena duluan, lebih baik mencegah, ya kan? Melansir dari Liputan6.com, ini cara sederhana cegah hipertensi.

 

1 dari 6 halaman

Pola Makan Sehat

Ilustrasi Hipertensi © Diadona

Kamu adalah apa yang kamu makan, adalah benar adanya. Untuk mencegah hipertensi, hal pertama yang perlu dilakukan adalah menjaga pola makan yang sehat. Makanan makanan yang sehat dan bergizi. Perbanyak konsumsi kalium, magnesium, dan kalsium.

 

2 dari 6 halaman

Kurangi Garam

Ilustrasi Orang Muda Hipertensi © Diadona

Setelah mengetahu untuk menjaga pola makan sehat, kamu harus lebih memperhatikan kandungan makanannya nih. Kurangi olahan makanan yang mengandung makan. Pengurangan kecil saja bisa menurunkan tekanan darah mencapai 2-8 mmHg. Jika tidak bisa menguranginya secara drastis, kurangi sedikit demi sedikit saja secara bertahap.

3 dari 6 halaman

Olahraga Teratur

Ciri-Ciri Hipertensi © Diadona

Selain memperhatikan pola makan dan jenis makanannya, kamu juga perlu rutin melakukan olahraga. Kamu bisa melakukan olahraga kardio ringan seperti jalan kaki sehat, lari santai, atau berenang. Tak perlu banyak-banyak, tiga kali dalam seminggu dengan durasi 30-45 menit saja cukup.

4 dari 6 halaman

Sering Kontrol

Ciri-Ciri Hipertensi © Diadona

Selanjutnya, kamu kayaknya juga harus rajin kontrol nih. Kamu harus bisa mengendalikan kadar kolesterol dan diabetes. Jika memang sudah terlanjut terkena penyakit tersebut, hindari menggunakan obat yang bisa meningkatkan tekanan darah. Seringlah konsultasi ke dokter tentang hal ini agar diberikan obat yang tidak meningkatkan tekanan darah.

5 dari 6 halaman

Berhenti Merokok

Hipertensi adalah © Diadona

Jika kamu adalah seorang perokok, lebih baik berhenti saja dari sekarang. Sebab merokok bisa melukai dinding pembuluh darah dan bisa mempercepat proses pengerasan pembuluh darah. Dengan berhenti merokok, kamu sudah mengubah gaya hidup untuk mencegah hipertensi.

 

Beri Komentar