Awas, Ini 12 Makanan Penyebab Darah Tinggi pada Usia Muda!

Reporter : Wicha Mashita
Rabu, 20 Mei 2020 16:32
Awas, Ini 12 Makanan Penyebab Darah Tinggi pada Usia Muda!
Kenali penyebab darah tinggi untuk antisipasi guys!

Penyebab darah tinggi bisa dikarenakan beberapa hal, seperti gaya hidup sampai makanan. Darah tinggi juga bise disebut dengan hipertensi. Memang imagenya biasa lekat dengan usia lanjut. Tapi nggak memungkiri yang muda-muda kayak kita juga bisa kena.

Bahkan di Amerika Serikat sendiri melansir dari Hellosehat, 20% orang di usia muda yaitu sekitar 18-30 tahun berisiko terkena penyakit jantung koroner dan hipertensi. Sedangkan di Indonesia, dari data Riset Kesehatan Dasar 2013 menunjukkan angka 25,8% kasus hipertensi nasional di antaranya 5,3% dialami usia 15-17 tahun.

Hal ini juga meningkat seiring dengan perkembangan zaman guys. Nggak mau kan mengisi data menjadi salah satu penderita hipertensi di atas? Yuk, kenali penyebabnya!

1 dari 6 halaman

Penyebab Tekanan Darah Tinggi pada Usia Muda

Sebenarnya penyebab darah tinggi tergantung dengan jenisnya, yaitu primer dan sekunder. Ada 90-95% kasus hipertensi di dunia adalah jenis primer yang mana tidak jelas penyebab pastinya karena apa. Sisanya masuk ke kategori hipertensi sekunder.

Kalau penyebab darah tinggi sekunder yang utama adalah kondisi medis tertentu seperti fungsi ginjal, pembuluh darah, jantung atau sistem endokrin. Biasanya penyebabnya pada remaja adalah penyakit ginjal turunan, kelainan fungsi aorta, sleep apnea, penyakit paru obstruktif kronis (PPOK) atau masalah tiroid.

Selain itu bisa juga karena mengonsumsi pil KB atau alat kontrasepsi lainnya. Namun, ada hal lain yang lebih berpengaruh pada hipertensi di usia remaja, yaitu gaya hidup. Sebab sebagian besar hipertensi yang dialami remaja adalah kategori sekunder. Bisa karena gaya hidup yang nggak sehat dan genetik.

2 dari 6 halaman

Malas Berolahraga

Ilustrasi RebahanIlustrasi Rebahan © www.fimela.com
Siapa nih yang doyan banget rebahan? Nggak papa sih guys, tapi juga diimbangi dengan olahraga dong! Aktivitas fisik seperti olahraga ini membuat tubuh memproduksi hormon yang bisa melemaskan dinding pembuluh darah dan bantu menurunkan tensi.

Kalau kurang gerak, makin banyak lemak yang tertimbun di badan dan berat badan yang berlebih bisa jadi penyebab darah tinggi di usia mudamu.

Obesitas


Yap, membahas kelebihan berat badan atau obesitas yang juga bisa jadi penyebab darah tinggi. Dari data survei Experimental and Therapeutik Medicine, obesitas jadi penyebab utama dari hipertensi, diabetes dan penyakit lainnya yang berhubungan dengan pembuluh darah, jantung dan ginjal.

3 dari 6 halaman

Pola Makan

Penyebab Darah Tinggi di Usia MudaPenyebab Darah Tinggi di Usia Muda © ocu
Sudah malas gerak, obesitas, makannya nggak teratur lagi dan sembarang, gimana bisa hidup sehat? Guys, makanan cepat saji atau junk food mengandung garam yang tinggi. Nah garam ini menyumbang penyakit hipertensi tertinggi secara global. Soalnya garam yang berlebih bisa mempersempit pembuluh darah dan tubuh menyimpan kelebihan berat air.

Perubahan Hormon


Selain itu, masa puber ternyata juga bisa berpengaruh pada penyebab darah tinggi. Soalnya adanya peningkatan hormon estrogen dan progesteron. Beberapa penelitian bilang kalau risiko hipertensi meningkat pada anak-anak ABG yang lagi puber.

4 dari 6 halaman

Nggak Cek Tensi

Penyebab Darah Tinggi di Usia MudaPenyebab Darah Tinggi di Usia Muda © doktersehat
Penyakit darah tinggi ini memang sering disepelekan ya sama kita-kita? Soalnya ya dikira hanya orang tua yang bisa kena. Padahal, harusnya mulai sekarang kita lebih waspada guys. Coba deh rutin cek tensi mulai dari usia 20 tahun.

Faktor Genetik


Ini kemungkinan terakhir secara umum yang bisa jadi penyebab darah tinggi di usia muda. Banyak kasus hipertensi yang diturunkan dari keluarga, misalnya orang tua ke anak atau generasi muda berikutnya.

5 dari 6 halaman

Makanan Penyebab Darah Tinggi

Ilustrasi Gula PasirIlustrasi Gula Pasir © 2020 https://www.self.com
Selain fakto-faktor di atas, ada juga makanan penyebab darah tinggi yang harus kamu hindari sekarang juga, guys!

1. Garam. seperti yang sudah disebutkan di atas kalau garam berpotensi jadi penyebab darah tinggi. Garam ini musuh besar buat yang kena darah tinggi dan penyakit jantung.

2. Gula, nggak hanya garam tapi gula juga nih!

3. Acar memang enak ya guys, apalagi jadi pendamping gorengan. Tapi kandungan timun, cuka dan garam di dalamnya pemicu hipertensi.

6 dari 6 halaman

4. Junk food, kalau yang ini nggak perlu dipertanyakan lagi ya. Pzza, sup kalengan, burger, produk tomat kalengan dan botol bahkan jus sayuran juga berbahaya karena kandungan garamnya tinggi.

5. Segala produk daging olahan menjadi bom natirum bagi tubuh kita. Frozen food, hot dog sampai sosis. Sebagai gantinya, bisa mengonsumsi dada ayam yang dipanggang dan juga tuna.

6. Makanan berlemak apalagi yang mengandung lemak jenuh dan lemak trans adalah makanan penyebab darah tinggi selanjutnya. Misalnya kayak kulit ayam, susu penuh lemak, daging merah dan mentega.

So, kalau nggak mau penyakitan padahal umurnya masih muda, kurang-kurangin deh ya makan makanan di atas dan mulai pola hidup sehat yuk!

Beri Komentar