Libur Tahun Baru 2022 Jangan Tidur Seharian, Bisa Bahaya lho!

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Sabtu, 1 Januari 2022 07:27
Libur Tahun Baru 2022 Jangan Tidur Seharian, Bisa Bahaya lho!
Pasti ada nih yang berencana tidur seharian di libur tahun baru ini, bukan~

Selamat tahun baru 2022 semuanya! Kalian semua pasti libur, kan? Mungkin ada yang menikmati liburan tahun baru 2022 ini dengan pergi jalan-jalan. Namun, yakin deh, ada yang memang berniat untuk tidur seharian, bukan?

Namun pilihan terakhir jangan dilakukan, ya. Sebab melansir dari Hello Sehat, tidur berlebihan itu bahaya lho!

 

1 dari 8 halaman

Sakit Kepala

Ilustrasi Sakit KepalaIlustrasi Sakit Kepala © willenslaw.com

Tidur seharian, yang artinya bisa lebih dari 12 jam, bisa menimbulkan kepala sakit, lho! Sebab tubuh tidak mendapatkan cairan selama kamu tidur itu, yang menyebabkan dehidrasi dan kepala pun ikut pusing karena kekurangan cairan.

 

2 dari 8 halaman

Tingkatkan Risiko Diabetes dan Penyakit Jantung, sasmpai Obesitas

Selain itu, risiko terkena diabetes juga meningkat. Hal ini ternyata berlaku tak hanya untuk berlebihan tidur saja, namun juga ketika kurang tidur. Ketika lama tidur, tubuh jadi lama tidak aktif. Selain risiko diabetes, risiko terkena penyakit jantung juga meningkat, sehingga bisa berujung juga ke obesitas.

 

3 dari 8 halaman

Tubuh Sakit Semua

Ilustrasi Badan PegalIlustrasi Badan Pegal © Shutterstock

Bukannya segar yang didapatkan, tidur seharian justru malah bikin badan sakit semua, bukan? Ya, hal tersebut bisa terjadi karena tubuh tidak bergerak dalam waktu yang lama. Bisa juga karena tidur di kasur tak nyaman belasan jam, sehingga rasanya tulang dan otot nyeri.

 

4 dari 8 halaman

Kesuburan Terganggu

Tidur seharian alias terlama bakal membuat wanita maupun pria mengalami gangguan ke suburan. Sebab, kadar hormon menjadi terganggu karena tidur terlalu lama, maupun kurang tidur. Jadi, kalau mau subur, tidur lah yang cukup, tidak kekurangan maupun berlebihan.

 

5 dari 8 halaman

Depresi

ilustrasi depresiilustrasi depresi © unsplash.com

Ingin istirahat seharian, malah punya masalah kesehatan mental. Ya, tidur terlalu lama ternyata bsia membuat seseorang depresi. Meski punya kaitan erat, namun para ahli sebenarnya juga masih bingung. Apakah tidur berlebihan menyebabkan depresi, atau depresilah yang membuat tidur berlebihan?

 

6 dari 8 halaman

Tingkatkan Stroke

Jangan tidur terlalu lama jika tidak ingin terkena stroke. Sebab, ya, tidur seharian itu bisa meningkatkan risiko stroke. Tak hanya berlebihan tidur saja, kekurangan tidur juga bisa. Kedua hal terebut bisa meningkatkan terkena risiko penyebab mematikan itu.

 

7 dari 8 halaman

Gangguan Kecemasan

Ilustrasi Wanita CemasIlustrasi Wanita Cemas © flo.health

Selain depresi, ternyata tidur terlalu lama juga bisa membuat orang mengalami gangguan kecemasan. Jika yang sudah mempunyai gangguan kecemasan, saat bangun tidur kondisi tersebut akan semakin para karena tidur terlalmu lama. Sebab, efek yang diharapkan dari tidurnya itu tidak dirasakan.

 

Beri Komentar