Lari Setiap Hari Itu Bagus Gak Sih?

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Jumat, 31 Desember 2021 08:27
Lari Setiap Hari Itu Bagus Gak Sih?
Siapa nih yang lari setiap hari? Simak artikel berikut yuk, kira-kira baik gak yak?

Lari atau jogging merupakan salah satu olahraga pilihan banyak orang untuk menjaga badan tetap sehat. Kalian pasti juga sudah tau berbagai manfaat berlari. Karena manfaat yang didapatkan, banyak orang yang memutuskan untuk berlari setiap hari.

Namun ternyata, melansir dari Insider, berlari setiap hari itu nggak baik lho!

 

1 dari 5 halaman

Ilustrasi Wanita LariIlustrasi Wanita Lari © Shutterstock

Kabar ini diungkapkan oleh Edward Laskowski, MD, seorang profesor kedokteran fisik dan rehabilitasi di Klinik Mayo. Meski berlari itu bagus, namun tidak jika dilakukan setiap hari, karena melatih otot dan jaringan yang sama terus-terusan itu tidak baik.

" Berlari bagu memang, tapi menjaga jaringan tetap segar itu penting dan tidak memiliki tekanan dan beban yang sama secara konsisten sepanjang waktu."

 

2 dari 5 halaman

Kalau berlari benar-benar dilakukan setiap hari, nantinya malah punya risiko cedera yang serius karena trauma berulang. Cedera tersebut bisa terjadi pada otot, tendong, ligamen bahkan fraktur stres.

Otot kaki juga bisa sakit dan mengalami peradangan serta tendong di sepanjang tulang kering. Cedera tersebut disebut dengan shin splints. Berlari setiap hari, dan semakin besar jumlah total jarak tempun, semakin tinggi risiko cedera.

 

3 dari 5 halaman

Ilustrasi Wanita LariIlustrasi Wanita Lari © Shutterstock

Berlari yang bagus tidak setiap hari, melainkan tiga sampai lima hari dalam seminggu. Jika dilakukan dengan benar, kualitas tidur akan meningkat, stres menurun, dan meningkatkan kognisi. Begitulah yang dikatakan Slater Nelson, MS.

" Berlari akan meningkatkan kualitas tidur Anda, itu akan menurunkan tingkat stres Anda, dan meningkatkan kognisi Anda."

 

4 dari 5 halaman

Nelson juga menambahkan sebaiknya berlari 30-45 menit, termasuk pemanasan dan pendinginan. Mulai dengan berjalan kaki ringan, kemudian jogging ringan saja, jangan jogging cepat.

Ya, semoga bermanfaat, ya!

Beri Komentar