Sering Dilewatkan, Minum Susu Sebelum Tidur Punya Berbagai Manfaaat lho!

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Kamis, 30 Desember 2021 09:27
Sering Dilewatkan, Minum Susu Sebelum Tidur Punya Berbagai Manfaaat lho!
Siapa yang masih sering skip minum susu sebelum tidur? Ayo simak artikel berikut!

Susu merupakan salah minuman sehat yang sangat direkomendadasikan untuk semua umur agar tetap dan semakin sehat. Banyak di antara kita yang minum susu di pagi hari dibarengi dengan sarapan. Namun, banyak juga kok yang minum susu di malam hari, ya meskipun banyak juga yang melewatkan.

Ngomong-ngomong, melansir dari Hello Sehat, minum susu di malam hari sebelum tidur itu punya berbagai manfaat lho!

1 dari 6 halaman

Tidur Lebih Nyenyak

Ilustrasi Wanita Minum SusuIlustrasi Wanita Minum Susu © Shutterstock

Buat yang sering susah tidur, minum susu di malam hari cocok banget untuk mu. Selain itu, minum susu sebelum tidur bisa membuat tidur menjadi lebih nyenyak. Hal tersebut dikarenakan malatonin dan triptofan, dua zat yang terdapat dalam susu. Melatonin yang mengatur siklus tidur, sedangkan triptofan untuk melepaskan zat serotonin yang membuat tubuh relaks, dan mememngaruhi produksi hormon melatonin.

 

2 dari 6 halaman

Kebiasaan Makan Tengan Malam Menurun

Biasanya, ketika tidur dan lapar di tengah malam, ya bakal makan, bukan? Hal tersebut rupanya majar karena tubuh tidak dapat asupan energi saat tidur. Namun jika sering malan tengah malam begitu, malah-malah bisas menambah berat badan dan berdampak buruk untuk kesehatan.

Minum susu sebelum tidur bisa menjadi salah satu solusinya. Hal tersebut bisa mencegah rasa lapar pada malam hari. Zat gizi karbohidratnya bisa jadi sumber energi, begitu pula dengan kandungan lemak. Belum lagi proteinnyya yang bisa membuat rasa kenyang bertahan lama.

 

3 dari 6 halaman

Tulang dan Otot Sehat

Ilustrasi Wanita Minum SusuIlustrasi Wanita Minum Susu © Shutterstock

Tidur merupakan waktu di mana sebagian besar organ tubuh beristirahat. Pada saat ini pula tubuh memperbaiki berbagai jaringan, begitu pula dengan tulang dan otot. Makanya, tidu merupakan saat yang tepat untuk memproses zat gizi dari makanan. Sementara susu baik akan protein, vitamin D, dan kalsium, yang sangat baik untuk tulang dan otot.

4 dari 6 halaman

Tubuh Jadi Berenergi

Biar pagi hari semangat dan berenergi, minum susu sebelum tidur bisa menjadi solusi. Hal ini dikarenakan zat susu yang kamu minum itu diserap dan simpan yang akan digunakan di keesokan paginya ketika bangun tidur. Fisik dan mental rasanya jadi segar bugar dan siap untuk beraktivitas.

 

5 dari 6 halaman

Menambah Berat Badan

Ilustrasi Minum SusuIlustrasi Minum Susu © Shutterstock

Minum susu sebelum tidur merupakan solusi sehat buat kamu yang ingin menambah berat badan. Sebab susu juga mengandung laktosa dan juga menambah asupan kalori. Namun, minum susu sebelum tidur perlu dipertimbangkan kembali jika kamu sedang menjalani progran menurunkan berat badan. Meski demikian, susu tidak akan langsung bikin berat badan bertambah drastis asalkan tidak menyertakan gula tambahan.

 

Beri Komentar