Ketahui Manfaat Tembakau Bagi Kesehatan Selain untuk Bahan Baku Rokok

Reporter : Novi Hardita Larasati
Kamis, 18 Maret 2021 12:19
Ketahui Manfaat Tembakau Bagi Kesehatan Selain untuk Bahan Baku Rokok
Identik dengan bahan baku rokok, ternyata salah satu manfaat tembakau ialah berpotensi dijadikan bahan obat-obatan.

Bagi perokok tentu sudah tidak asing dengan yang namanya tembakau. Sebab, tembakau atau Nicotiana tabacum merupakan tanaman yang identik sebagai bahan utama dari rokok.

Namun, siapa sangka kalau tanaman tembakau lebih dari sekadar pengisi rokok, lho! Pasalnya, manfaat tembakau ini cukup beragam untuk kesehatan. Mulai dijadikan bahan-bahan obat hingga sebagai sumber protein nabati.

Nah, untuk lebih jelasnya mengenai manfaat tembakau, langsung saja simak ulasan berikut ini yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

1 dari 3 halaman

Manfaat Tembakau untuk Kesehatan

Manfaat Tembakau © Diadona

Sebelum mengulas tentang manfaat tembakau, yuk kita pelajari sedikit apa itu tembakau untuk menambah wawasanmu. Tembakau ialah tanaman herba yang tumbuh sepanjang tahun melalui budidaya yang tingginya bisa mencapai 1 sampai 2 meter.

Di Indonesia sendiri, produksi tembakau tiap tahunnya bisa mencapai lebih dari seratus lima puluh ton per tahun. Ya, tingginya jumlah tersebut dikarenakan besarnya konsumsi kretek masyarakat Indonesia.

Kretek yaitu rokok yang berasal dari campuran tembakau dan cengkih, dimana kretek tersebut dipercaya oleh masyarakat Indonesia memiliki manfaat untuk sakit tenggorokan.

Bahkan dalam sejarahnya, tembakau sudah dicoba oleh para ahli kesehatan sebagai obat herbal yang bisa mengobati berbagai penyakit seperti nyeri, encok, sembelit, kejang, hingga sebagai stimulan pernapasan.

Adapun beberapa manfaat tembakau antara lain:

1. Berikan Pertolongan Pertama Pada Luka Kecil

Manfaat tembakau untuk kesehatan yang pertama adalah memberikan pertolongan pertama pada luka kecil. Kalau tidak ada yodium topikal, kamu bisa menggunakan tembakau yang telah dihaluskan untuk menjaga supaya luka segar tidak menyengat.

Caranya, cukup basahi daun tembakau dengan sedikit air dingin hingga membentuk pasta, kemudian oleskan ke area yang memili luka tersebut.

2 dari 3 halaman

2. Meredakan Alergi

Penyebab Alergi © Diadona

Tak hanya untuk mengobati pada luka kecil, ternyata manfaat daun tembakau juga bisa digunakan meredakan gatal dan nyeri ringan. Hal ini karena, nikotin dalam tembakau bertanggung jawab untuk mengeluarkan alergen serta memperbaiki kulit hingga kembali normal.

3. Meningkatkan Memori Jangka Pendek

Manfaat tembakau untuk kesehatan berikutnya ialah dapat meningkatkan memori jangka pendek seseorang. Pasalnya, lagi-lagi nikotin dalam tembakau tersebut bersifat stimulan. Sehingga, seseorang yang mengonsumsinya akan merasa lebih rileks, waspada, dan fokus.

4. Mempercepat Produksi Vaksin

Ternyata manfaat tembakau untuk kesehatan dapat mempercepat produksi vaksin, lho. Hal ini dibuktikan oleh suatu studi yang menyatakan bahwa tembakau memiliki antigen yang mirip dengan virus influenza.

Sementara, proses pembuatan vaksin dengan antigen dari tembakau dianggap lebih cepat dibandingkan dari virus influenza sebenarnya yang membutuhkan waktu satu bulan guna membuat vaksin. Wow, keren!

3 dari 3 halaman

5. Sumber Protein Nabati

Ilustrasi Sumber Protein © Diadona

Seperti yang diketahui, tembakau memiliki beberapa jenis, seperti Nicotiana tomentosiformis, Nicotiana sylvestris, dan Nicotiana otophora. Nah, untuk jenis Nicotiana tabacum ini diakui oleh ahli agronomi dan ahli kimia sebagai sumber protein nabati yang unik.

Sehingga manfaat tembakau tersebut dapat menghasilkan protein yang berkhasiat sebagai makanan ternak, pembuatan kosmetik, hingga sebagai makanan manusia.

Selain itu, menurut lembaga ilmu pengetahuan dan kesehatan di Amerika menyebutkan bahwa tembakau bisa ditanam dan dikembangbiakkan empat kali lebih banyak ketimbang kedelai atau jagung. Dengan begitu, protein yang dihasilkan juga menjadi lebih banyak serta dapat menjadi sumber daya protein yang menjanjikan.

Nah, itulah beberapa manfaat tembakau untuk kesehatan selain digunakan sebagai bahan baku rokok. Semoga bermanfaat ya, DiaZens!

Beri Komentar