20 Manfaat Kedelai untuk Kesehatan dan Ibu Hamil

Reporter : Sofi
Senin, 20 Januari 2020 11:02
20 Manfaat Kedelai untuk Kesehatan dan Ibu Hamil
Berbagai olahan kedelai dibuat dan dikonsumsi oleh masyarakat. Salah satu alasannya karena kandungan nutrisi yang baik untuk manusia dan bermanfaat untuk kesehatan. Berikut adalah manfaat kedelai.

Kacang kedelai atau kacang kedelai (Glycine max) adalah jenis kacang-kacangan asli Asia Timur. Kedelai telah menjadi bagian dari diet tradisional Asia selama ribuan tahun. Saat ini, kedelai banyak dikonsumsi, tidak hanya sebagai sumber protein nabati tetapi juga sebagai bahan dalam banyak makanan olahan. Berbagai produk kedelai tersedia, termasuk tepung kedelai, protein kedelai, tahu, susu kedelai, kecap, dan minyak kedelai.

Banyak juga orang yang menyukai biji-bijian ini karena selain rasanya yang enak, kedelai kaya protein nabati dan sumber nutrisi dan fitokimia yang baik. Dilansir dari berbagai sumber, berikut adalah manfaat kedelai yang harus kamu ketahui.

1 dari 4 halaman

Manfaat Susu Kedelai

Ilustrasi Susu Kedelai © Diadona

Susu kedelai adalah salah satu produk olahan dari kedelai. Hal ini bisa jadi alternaif untuk orang-orang yang tidak bisa minum susu sapi karena kandungannya yang tidak kalah dengan susu sapi. Berikut adalah manfaat susu kedelai.

1. Melawan sel kanker

Manfaat kedelai yang pertama adalah melawan sel kanker. Susu kedelai ini mengandung antioksidan yang cukup tinggi, sehingga mampu menangkal radikal bebas yang menyebabkan kerusakan sel. Kamu bisa mengonsumsi susu kedelai secara rutin untuk mengurangi risiko segala jenis kanker.

2. Menjaga kesehatan jantung dan turunkan tekanan darah

Manfaat kedelai ini juga bisa untuk menjaga kesehatan jantung dan turunkan tekanan darah. Kandungan protein dalam susu kedelai sangat dibutuhkan manusia sebagai sumber nutrisi dan pertumbuhan. Protein terbuat dari asam amino yang dapat mencegah berbagai penyakit kronis, termasuk jantung.

Kandungan asam amino dan isoflavone dalam susu kedelai juga berfungsi menurunkan kolesterol dalam darah. Beberapa ahli gizi telah melakukan penelitian dengan membandingkan susu kedelai dan susu sapi. Hasilnya menyatakan bahwa susu kedelai mampu menurunkan tekanan darah lebih baik dibandingkan susu sapi.

3. Menjaga kesehatan tulang, otot, dan sendi

Susu kedelai memang mengandung kalsium lebih rendah daripada susu sapi. Namun susu kedelai juga memiliki kandungan kalsium, magnesium, kalium, dan fosfor yang dibutuhkan untuk pertumbuhan tulang. Terlebih, manfaat kedelai juga mampu meningkatkan kekuatan otot dan sendi. Jika mengonsumsi susu kedelai secara rutin, maka kamu dapat merasakan manfaat kedelai yaitu memelihara kesehatan otot dan sendi.

4. Mengontrol berat badan

Susu kedelai mampu mengurangi risiko obesitas dan mengontrol berat badan. Kedelai merupakan jenis kacang-kacangan dengan kadar glikemik indeks rendah dan sangat baik untuk dikonsumsi bagi seseorang yang ingin menurunkan berat badan. Mengingat susu kedelai kaya kandungan protein dan serat, sehingga cocok dijadikan menu diet untuk menurunkan berat badan. Di sisi lain, manfaat kedelai juga dipercaya ampuh meninggikan badan.

5. Mengurangi tanda penuaan dini

Manfaat kedelai selanjutnya adalah berkurangnya tanda penuaan. Fitoestrogen yang terkandung dalam kedelai mampu menghasilkan estrogen lebih banyak untuk tubuh, sehingga keriput dan garis halus cepat memudar.

6. Memperkilau rambut

Susu kedelai mengandung banyak sekali nutrisi, mulai dari protein, kalsium, zat besi, kalsium, serta vitamin B. Semua manfaat kedelai ini sangat baik untuk rambut. Semua nutrisi di atas tadi juga cocok untuk rambut kamu yang rontok karena asupan protein, kalsium, zat besi, dan vitamin B sangat tepat dikonsumsi mereka yang rambutnya rontok.

2 dari 4 halaman

Manfaat Kacang Kedelai

Ilustrasi Kacang Kedelai © Diadona

Kedelai mengandung antioksidan dan fitonutrien yang terkait dengan berbagai manfaat kesehatan. Kedelai adalah sumber protein dan lemak nabati yang sangat kaya. Terlebih lagi, kandungan seratnya yang tinggi baik untuk kesehatan ususmu. Berikut adalah manfaat kacang kedelai yang harus kamu ketahui.

1. Melembapkan kulit

Manfaat kedelai yang pertama adalah dapat melembapkan kulit. Produk pembersih kulit dan lotion biasanya mengandung kedelai karena sifatnya yang melembapkan. Kedelai mengandung vitamin E yang penting untuk kesehatan kulit. Konsumsi fitoestrogen yang ada di dalam kedelai dapat membantu tubuh memproduksi lebih banyak estrogen, sehingga meminimalkan risiko munculnya keriput dan garis-garis halus.

2. Menjadikan kuku lebih kuat

Kukumu sering patah? Kamu harus mengonsumsi kedelai untuk menguatkannya. Karena manfaat kedelai selanjutnya jika dikonsumsi dapat membantu memperkuat kuku yang rapuh. Konsumsi kedelai dalam bentuk tahu, susu kedelai, dan tempe akan menjadikan kuku tidak mudah patah.

3. Mencegah kerutan

Manfaat kedelai dapat digunakan dalam pencegahan kerut berkat bio-lipid yang dimilikinya. Menurut ahli kimia Dave Compton dan Joe Laszlo dari Departemen Pertanian Amerika Serikat, bio-lipid di dalam kedelai yang disebut gliserida kedelai ferulic dapat mencegah keriput.

4. Antioksidan

Manfaat kedelai mengandung antioksidan alami yang mungkin memiliki efek antipenuaan. Paula Begoun melaporkan bahwa fitokimia nabati di dalam kedelai dapat melawan radikal bebas yang menjadi biang keladi proses penuaan dini. Kedelai juga merangsang produksi kolagen dan dapat meningkatkan elastisitas kulit.

5. Menjaga kesehatan tulang, otot, dan sendi

Kacang kedelai memiliki kandungan mineral seperti kalsium, magnesium, kalium, dan fosfor yang dibutuhkan untuk pertumbuhan tulang. Terlebih, manfaat kedelai ini juga mampu meningkatkan kekuatan otot dan sendi. Jika mengonsumsi ekstrak kacang kedelai secara rutin, kamu dapat memelihara kesehatan otot dan sendi.

6. Mengontrol berat badan

Kacang kedelai mampu mengurangi risiko obesitas lantaran dapat mengontrol berat badan. Kedelai merupakan jenis kacang-kacangan dengan kadar glikemik indeks rendah dan sangat baik untuk dikonsumsi bagi kamu yang ingin menjaga berat badan tetap ideal. Mengingat kacang kedelai yang kaya kandungan protein dan serat, sehingga cocok dijadikan menu diet untuk menurunkan berat badan. Di sisi lain, manfaat kedelai juga dipercaya ampuh meninggikan badan. Kamu bisa meminum susu kedelai secara rutin.

3 dari 4 halaman

Manfaat Susu Kedelai untuk Ibu Hamil

ilustrasi ibu hamil © Diadona

Ibu hamil tentu membutuhkan banyak nutrisi selama kehamilan untuk memenuhi kebutuhan ibu dan bayi yang sedang dikandungnya. Manfaat kedelai ini bisa menjadi salah satu solusi untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Berikut adalah manfaat susu kedelai untuk ibu hamil.

1. Kaya vitamin

Susu kedelai mengandung berbagai vitamin, seperti vitamin B1, A dan E. Vitamin E akan membantu menjaga energi tubuh dan mempertahankan kulit yang segar. Vitamin lainnya akan membantu metabolisme dan kinerja organ.

2. Karbohidrat

Manfaat kedelai juga memiliki kandungan gula atau karbohidrat yang memberi suplai energi bagi tubuh.

3. Protein

Protein dalam susu kedelai menjadi kandungan utama yang tak bisa diabaikan. Asam amino dalam susu kedelai membantu dan memastikan organ tubuh janin berkembang baik dan sempurna.

4. Tinggi asam folat

Susu kedelai memiliki nutrsi penting berupa asam folat yang berfungsi membantu pembentukan dan perkembangan otak dan sistem saraf bayi yang sempurna dan sehat. Rutin mengonsumsi asam folat mampu meningkatkan pertumbuhan sel secara optimal.

4 dari 4 halaman

Manfaat Sari Kedelai

Ilustrasi Susu Kedelai © Diadona

Sari kedelai sebenarnya adalah sebutan sebenranya dari susu kedelai. Lalu kenapa susu kedelai disebut sebagai 'susu'? Hal itu karena warna yang dihasilkan dari sari kedelai menyerupai warna susu. Berikut adalah manfaat sari kedelai yang harus kamu ketahui.

1. Menurunkan kolesterol

Manfaat kedelai yang pertama adalah untuk menurunkan kolesterol. Sari kedelai memiliki kemampuan untuk meningkatkan profil lipid darah. Tidak seperti susu sapi, yang tinggi lemak jenuh dan kolesterol, lemak susu kedelai sebagian besar tak jenuh dan nol kolesterol. Asam lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda yang ditemukan dalam kedelai juga dapat menghambat penumpukan kolesterol dalam aliran darah.

Penelitian telah menunjukkan bahwa asupan rutin kedelai dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik dalam darah. Hal itu membuat susu kedelai menjadi minuman yang ideal bagimu yang memiliki kolesterol tinggi atau memiliki riwayat keluarga dengan penyakit jantung koroner.

2. Mencegah kanker prostat

Manfaat kedelai lainnya sangat penting untuk pencegahan kanker. Sari kedelai merupakan sumber fitoestrogen, hormon tanaman yang unik, yang dapat menghambat produksi testosteron pada pria. Penurunan kadar testosteron pada pria dapat mengurangi risiko kanker prostat. Penelitian telah menunjukkan bahwa pria yang jarang makan kedelai cenderung mengembangkan hipertrofi prostat atau kanker prostat.

3. Mencegah sindrom pascamenopause

Manfaat kedelai ternyata penting bagi mereka yang telah melewati masa menopause. Selama menopause, produksi estrogen akan menurun. Penurunan estrogen yang tiba-tiba dapat menciptakan sejumlah masalah kesehatan bagi wanita menopause.

Wanita menopause memiliki risiko lebih tinggi terkena penyakit jantung, diabetes dan obesitas. Mereka juga lebih rentan terhadap depresi, perubahan suasana hati, insomnia dan gangguan psikologis lainnya. Kandungan fitoestrogen dalam kedelai adalah pengganti estrogen. Rutin mengonsumsi kedelai bisa menjadi cara bagus untuk mencegah dan mengurangi sindrom pascamenopause.

4. Mencegah osteoporosis

Selain untuk menopause, manfaat kedelai bisa didapat bagi mereka yang osteoporosis. Osteoporosis adalah penyakit yang terkait dengan usia dan hormon. Kandungan fitoestrogen dalam kedelai dapat membantu mempercepat penyerapan kalsium oleh tubuh dan mencegah hilangnya massa tulang. Untuk manfaat maksimal, pastikan bahwa kamu membeli susu kedelai yang diperkaya dengan ekstra kalsium dan vitamin D.

Olahan kedelai mana yang kamu suka? Berikan jawabanmu di kolom komentar ya!

Beri Komentar