Penyebab Telapak Kaki Sakit Seperti Tertusuk Saat Berjalan Itu Ternyata Karena Ini loh!

Reporter : Wicha Mashita
Sabtu, 4 Juli 2020 12:34
Penyebab Telapak Kaki Sakit Seperti Tertusuk Saat Berjalan Itu Ternyata Karena Ini loh!
Jangan disepelekan, hal ini bisa menjadi penyebab telapak kaki sakit seperti tertusuk.

Penyebab telapak kaki sakit bisa dikarenakan beberapa hal, seperti struktur kaki, kebiasaan sehari-sehari sampai tanda penyakit tertentu. Itu kenapa nggak boleh kamu remehkan begitu saja. Penting untuk mengetahui penyebabnya agar bisa tahu bagaimana cara mengatasinya.

Banyak banget nih yang menyepelekan rasa sakit di telapak kaki. Padahal bisa jadi tanda masalah kesehatan loh! Merangkum dari berbagai sumber, inilah beberapa penyebab telapak kaki sakit yang perlu kita ketahui.

1 dari 8 halaman

Penyebab Telapak Kaki Sakit Seperti Tertusuk

Penyebab Telapak Kaki Sakit Seperti Tertusuk © Diadona
Berikut ini beberapa penyebab telapak kaki sakit seperti tertusuk, diantaranya: 

Keseleo


Keseleo atau yang disebut sprain otot merupakan kondisi di mana peragangan berlebihan pada ligamen dan inilah salah satu penyebab telapak kaki sakit. Padahal ligamen ini kan jaringan yang menghubungkan antar dua tulang. Itu kenapa bisa terasa sakit seperti ditusuk.

Biasanya orang-orang yang mengalami keseleo ini setelah melakukan aktivitas tertentu. Selain bisa menjadi penyebab telapak kaki sakit, bisa juga menimbulkan kebengkakan dan gangguan dalam berjalan.

Piantar Fasciitis


Peradangan di jaringan yang ada di telapak kaki, khususnya bagian yang melindungi tumit disebut dengan piantar fasciitis. Kondisi ini diakibatkan orang-orang yang berlari atau berjalan terlalu banyak atau yang sering pakai sepatu hak tinggi.

Ciri khas mengalami piantar fasciitis adalah telapak kaki semakin berat untuk berjalan, biasanya jari-jari kaki susah digerakkan ke atas dan nyeri di telapak kaki.

2 dari 8 halaman

Kapalan


Pernah nggak tahu atau mengalami kaki kapalan karena terlalu banyak kontak dengan tanah atau lantai? Hal ini membuat telapak kaki menebal yang biasa disebut kapalan. Akibatnya menjadi penyebab telapak kaki sakit seperti tertusuk meskipun hal ini merupakan mekanisme kulit melindungi kaki dari gesekan dan tekanan.

Bunion


Kalau kapalan kulit telapak kaki menebal, sedangkan bunion munculnya benjolan tulang pada sendir di jempol kaki. Kondisi ini juga sering disebut dengan bintal kaki yang terjadi di mana jempol kaki menekan jari kaki lainnya.

Penyebab telapak kaki sakit seperti tertusuk karena bunion ini biasanya ditandai dengan rasa sakit dan kulit yang memerah di atas benjolan sendi jempol kaki. Pemicunya bisa karena pemakaian sepatu yang sempit, cacat bawaan pada struktur kaki atau kena arthritis.

3 dari 8 halaman

Kaki Datar atau Flat Feet

Penyebab Telapak Kaki Sakit Seperti Tertusuk © Diadona
Penyebab telapak kaki sakit seperti tertusuk juga bisa dikarenakan flat feet atau sering disebut kaki datar. Kondisi ini karena adanya kelainan anatomi pada kaki.

Kalau dalam keadaan normal, telapak kaki ada celah lengkungannya saat berdiri. Namun kalau kaki datar, lengkungan itu berkurang atau malah tidak ada sama sekali. Hal ini membuat telapak kaki menerima terlalu banyak tekanan.

Metatarsalgia


Kondisi metatarsalgia membuat rasa sakit seperti terbakar atau nyeri di bagian depan kaki. Gangguan ini biasanya lebih rentan dialami lansia. Rasa sakit semakin parah jika penderitanya suka berjalan, obesitas, memakai sepatu yang sempit dalam jangka panjang dan melakukan olahraga berat.

4 dari 8 halaman

Rematik


Penyebab telapak kaki sakit seperti tertusuk juga bisa dikarenakan tanda penyakit, seperti rematik atau yang biasa disebut rheumatoid arthritis. Kondisi ini biasanya karena peradangan kronis yang menyerang sendi kecil di tangan kaki sehingga menyebabkan bengkak.

Nah, pembengkakan inilah yang menimbulkan rasa sakit dan jika dibiarkan bisa terjadi pengikisan tulang serta kelainan bentuk sendi. Perempuan di atas umur 40 tahun adalah yang paling rentan mengalami rematik.

Gout Arthritis


Kalau penyakit gout arthritis disebabkan adanya penumpukan kristal asam urat di sendi yang membuat peradangan. Karena peradangan inilah menjadi penyebab telapak kaki sakit seperti tertusuk. Sendi yang terserang akan terasa panas dan membengkak.

Kalau rematik lebih sering dialami perempuan, gout arthritis justru lebih banyak menyerang pria. Akan tetapi perempuan yang sudah masuk menopause juga rentan akan kondisi ini.

Neuroma Morton


Kondisi neuroma morton ditandai dengan adanya tumor jinak di saraf daerah kaki. Nggak terlalu membahayakan sih, tapi sangat mengganggu apalagi untuk beraktivitas. Neuroma morton ini menjadi penyebab telapak kaki sakit seperti tertusuk atau terbakar api. Beberapa orang juga bilang kalau nyerinya seperti ada kelereng di telapak kaki.

5 dari 8 halaman

Peyebab Telapak Kaki Sakit Saat Berjalan

Penyebab Telapak Kaki Sakit Seperti Tertusuk © Diadona
Pernah nggak sih kamu mengalami rasa sakit di telapak kaki saat berjalan? Penyebab telapak kaki sakit saat berjalan bisa karena hal-hal ini loh!

Disfungsi Tendon Tibialis Posterior


Penyebab telapak kaki sakit bisa dikarenakan disfungsi tendon tibialis posterior atau yang biasa disebut dengan PTTD. Kondisi ini terjadi ketika ada peradangan pada tendon tibialis posterior yang menghubungkan otot di bawah kaki dengan tungkai atau bisa juga karena cedera.

Saat tendon tidak bisa lagi menopang telapak kaki, maka muncul rasa nyeri yang amat parah. Bahkan rasa sakit ini bisa menjalar ke bagian tungkai dan mengakibatkan pembengkakan.

6 dari 8 halaman

Kaki Cakar (Cavus Foot)


Kondisi kaki cakar atau cavus foot juga bisa menjadi faktor penyebab telapak kaki sakit saat berjalan. Kondisi ini bisa diakrenakan beberapa hal, seperti stroke, keturunan, cerebral palsy sampai charcot-marie-tooth-disease.

Penderita kaki cakar biasanya memiliki bentuk kaki yang berbeda, yaitu melengkung terlalu tinggi. Inilah yang menimbulkan rasa sakit saat berjalan atau berdiri terlalu lama.

 

7 dari 8 halaman

Pronasi Berlebihan

Penyebab Telapak Kaki Sakit © Diadona
Overpronation atau pronasi berlebihan adalah cara telapak kaki seseorang saat menapak di atas permukaan untuk berjalan atau berlari. Di kondisi pronasi berlebihan, bagian luar telapak kaki mendarat lebih dulu ke tanah baru disusul bagian lainnya. Akibatnya membuat otot, ligamen dan tendon di telapak kaki cedera.

Jika mengalami pronasi berlebihan, biasanya disertai gejala lain berupa sakit di punggung, lutut dan jempol kaki yang berbentuk melengkung ke bawah.

Sindrom Tarsal Tunnel


Sindrom yang terjadi ketika sistem saraf utama terjepit jaringan atau tulang tertentu ini disebut dengan sindorm tarsal tuunel. Kondisi ini lebih akrab disebut dengan Carpal Tunnel Syndrome. Gejalanya muncul rasa terbakar, panas dan nyeri di bagian telapak kaki.

 

8 dari 8 halaman

Metatarsalgia


Penyebab telapak kaki sakit saat berjalan yang terakhir adalah metatarsalgia. Kondisi ini merupakan rasa sakit pada area belakang jari-jari atau biasa disebut bola kaki. Bagian kaki yang ini merupakan tempat tumpuan ketika kamu berlari, melompat atau berjinjit.

Kalau digunakan berlebihan, bisa membuat nyeri. Soalnya bisa saja tulang-tulang metatarsal di bagian itu meradang.

Jadi, itulah beberapa faktor yang menjadi penyebab telapak kaki sakit seperti tertusuk saat berjalan atau berlari. Jangan diremehkan ya, yuk perhatikan juga kondisi kesehatan kakimu!

Beri Komentar