Bukan Cuma Mitos, Minum Air Sambil Berdiri Mengancam Kesehatan Lho!

Reporter : Mutia Wella Lukitasari
Selasa, 2 Juni 2020 07:25
Bukan Cuma Mitos, Minum Air Sambil Berdiri Mengancam Kesehatan Lho!
Masih sering minum sambil berdiri nih?

Minum sambil berdiri mungkin terlihat sebagai suatu hal yang biasa kita lakukan. Namun ternyata kebiasaan ini membawa pengaruh yang nggak bisa disepelakn lho. Posisi kita saat minum ternyata bisa membahayakan kesehatan tubuh.

Meskipun minum air putih setiap harinya memang dapat membantu menjaga kesehatan, namun tetap saja berdampak buruk jika dilakukan dengan berdiri. Dilansir dari Liputan6.com, ini nih bahaya yang bisa terjadi jika kamu melakukan kebiasaan ini.

1 dari 7 halaman

1. Haus jadi susah hilang


Dampak yang paling mudah dirasakan adalah haus jadi susah hilang. Bahkan haus nggak akan hilang lho kalau kita minum sambil berdiri.

Karena itu, sebaiknya ketika minum air putih kita melakukannya sambil duduk dan meminumnya sedikit demi sedikit.

 

2 dari 7 halaman

2. Mengganggu pencernaan


Jika minum sambil berdiri, air yang masuk melewati tubuh akan langsung jatuh ke dinding perut lho. Dalam jangka panjang tentu saja hal ini akan merusak dinding perut dan saluran pencernaan.

Sebaliknya, ketika kita minum dengan duduk akan membuat cairan yang diminum bisa lebih cepat dicerna bersama dengan makanan lain, karena otot dan sistem saraf dalam kondisi rileks.

 

3 dari 7 halaman

3. Risiko terkena Artitis


Ketika minum air sambil berdiri, maka keseimbangan cairan di dalam tubuh bisa terganggu. Jika sudah begini, maka terjadilah penumpukan cairan di sendi-sendi tubuh yang dapat menyebabkan artisis.

Artitis sendiriadalah peradangan pada satu atau lebih persendian yang disertai rasa sakit, bengkak, kaku, bahkan keterbatasan gerak. Nah hal ini memang umumnya baru kita rasakan dalam jangka waktu yang lama.

 

4 dari 7 halaman

4. Saraf menegang


Saat minum sambil dudu, ini akan membuat sistem parasimpatetik akan jadilebih relaks. Dengan begitu penyerapan air minum akan berjalan lancar. Hal ini akan berbanding terbalik jika kita minum sambil berdiri, yup! saraf akan jadi tegang.

5 dari 7 halaman

5. Kerusakan Ginjal


Minum sambil berdiri dapat menyebabkan fungsi ginjal jadi terganggu. Hal ini bisa menyebabkan kotoran menumpuk di ginjal dan kandung kemih yang nantinya mengakibatkan gangguan pada saluran kandung kemih. Efek jangka panjangnya tentu saja bisa menyebabkan kerusakan permanen pada ginjal.

6 dari 7 halaman

6. Proses Pengenceran Kadar Asam Terganggu


Minum sambil berdiri juga dapat menyebabkan proses pengenceran kadar asam terganggu. Air memang sebaiknya diminum sedikit demi sedikit dan perlahan sambil duduk. Dengan begitu akan membantu pengenceran kadar asam dalam tubuh sesuai dengan proporsi cairan yang dibutuhkan.

 

7 dari 7 halaman

7. Menyebabkan ulser dan heartburn


Bila diminum sambil berdiri, air dapat 'menyiprat' ke area krongkongan dengan cukup keras. Hal ini dapat menimbulkan sensasi terbakar di kerongkongan, karena zat asam di perut naik ke atas.

Nggak hanya itu, ulser dan heartburn termasuk gejala utama dari penyakit berbahaya lainnya seperti refluks asam lambung (GERD). Hal ini bisa terjadi ketika isi lambung kembali naik ke kerongkongan atau esofagus.

Nah ternyata cara minum bisa mempengaruhi kesehatan kita, bahkan dampak yang ditimbulkan nggak sesimpel itu. Jadi masih mau minum sambil berdiri nih?

Beri Komentar