Meski Sepele, Sering Jilatin Bibir Sendiri Ternyata Berdampak Buruk Lho!

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Kamis, 18 Juni 2020 07:27
Meski Sepele, Sering Jilatin Bibir Sendiri Ternyata Berdampak Buruk Lho!
Sering gini kan kalian? Ngaku!

Kalian pasti pernah kan jila bibir sendiri? Gak tau kenapa, kalau udah jilat bibir udah jadi kebiasaan banyak orang. Entah karena karena merasa kekeringan karena terik matahari, atau karena faktor lain misalnya makanan.

Tapi, kamu sebaiknya hentikan kebiasaan ini. Sebab, bisa berdampak buruk!

1 dari 3 halaman

Salah satunya adalah bibir kamu bisa menjadi hitam! Padahal, semua pengin bibir terang agar terlihat cantik. Kalau hitam? Bisa-bisa, dikira perokok. Padahal bukan, kan?

Melansir dari The Health Site, seorang dokter kulit Dr Kiran Lohia, tak hanya bibir saja yang gelap, bahkan daerah di sekitar mulut pun akan demikian. Sebab, bibir tak punya laposan pelindung seperti kulit lainnya, yang bahkan lebih tipis dari wajah.

2 dari 3 halaman

Ketika dijilat, bibir bisa menjadi iritasi. Selain menjadi gelap, jilat bibir bahkan bisa menyebabkan peradangan. Sebab, air liur mengandung enzim yang bisa memecah makakan. Itulah yang menyebabkan iritasi.

Ilustrasi Bibir Pecah-Pecah © Diadona

Ketika bibir kering, memang pikiran yang tersebit adalah membasahinya dengan jilatan lidah. Tapi, hal itu hanyalah akan semakin kering. Kamu akan terjebak pada lingkaran setan ini!

3 dari 3 halaman

Kalau bibir kamu merasa kering, sebaiknya jangan dijilat. Pakailah lip balm yang baik dengan SPF di dalamnya, sehingga puna perlindungan matahari yang cukup. Gitu, semoga bermanfaat!

 

Beri Komentar