Kenapa Sih Ciuman di Bibir Itu Enak?

Reporter : Mutia Wella Lukitasari
Senin, 17 Februari 2020 13:08
Kenapa Sih Ciuman di Bibir Itu Enak?
Meski malu-malu, tapi kamu sebenarnya suka kan?

Di setiap film romantis yang kita tonton di seluruh dunia pasti pasangannya akan menunjukkan cintanya dengan berciuman. Mungkin kalau sekarang, kita bisa saja melakukannya karena berbagai film dan informasi internet yang bisa diakses dengan mudah. Tapi bagaimana dengan jaman dulu ya.

Sebenarnya ada banyak teori yang menjelaskan kenapa manusia berciuman. Beberapa meyakini kalau ciuman adalah hal bilogis yang seperti halnya proses reproduksi atau hubungan seksual, sedangkan sebagian lainnya meyakini jika berciuman adalah perilaku yang dipelajari.

Tapi, mari kita lupakan sejenak tentang asal mula berciuman yang sampai saat ini masih jadi perdebatan. Pertanyaannya sekarang, kenapa harus di bibir ya?

1 dari 4 halaman

ilustrasi pasangan tidur © Diadona

Iya, kalau dipikir secara logika, berciuman dengan bibir cukup menjijikan. Tau nggak sih, pada saat proses ini pasangan akan saling bertukar sekitar 80 juta bakteri. Tapi nyatanya, kita semua menikmati proses ini.

Dilansir dari healthline.com, berciuman ternyata dapat menyebabkan reaksi kimia di otak, yaitu dengan meningkatkan hormon oksitosin. Hormon ini sering disebut dengan 'hormon cinta', karena ia membangkitkan perasaan kasih sayang dan intimacy. Selain hormon ini, saat berciuman juga menhasilkan hormon lainnya.

2 dari 4 halaman

Ingat ketika betapa bahagianya kamu waktu lagi jatuh cinta sama seseorang?

Yup, perasaan bahagia melayang-layang itu kamu dapat karena adanya hormon dopamin. Dan ketika berciuman, hormon ini juga muncul, dan buat kamu jadi merasa bahagia.

3 dari 4 halaman

Kenapa di bibir?

Ilustrasi Pasangan © Diadona

Bibir memiliki ujung saraf yang lebih banyak dibanding bagian tubuh lainnya. Adanya hormon oksitosin dan dopamin saat bibir menyentuh bibir lainnya ternyata membuat juga dapat melepaskan hormon lainnya yaitu serotonin.

Serotonin adalah zat kimia yang membuat kita merasa nyaman. Hormon ini membuat kita dapat lebih santai dan bahkan dapat menurunkan kadar kolestrol.

Sebuah penelitian pada 2013 menunjukkan jika pada wanita, berciuman sering dilakukan sebagai cara meningkatkan gairah seks. Bahkan, wanita berpeluang sangat kecil untuk melakukan seks tanpa berciuman.

 

4 dari 4 halaman

via GIPHY

Jadi itu yang menyebabkan kenapa kita berciuman melalui bibir. Dalam hubungan apapun, berciuman dapat mempererat dan meningkatkan kualitas hubungan itu sendiri. 

Nggak ada salahnya kok untuk melakukannya dan mengakui kalau kamu menyukainya. Tapi jangan lupa untuk selalu merawat kebersihan mulut ya. Nggak mau dong kalau mulutmu tercium bau yang nggak sedap didepan doi?

Beri Komentar