Kenapa Kita Merasa Susah Tidur Ketika Berada Di Tempat Baru?

Reporter : Mutia Wella Lukitasari
Sabtu, 25 Januari 2020 12:00
Kenapa Kita Merasa Susah Tidur Ketika Berada Di Tempat Baru?
Banyak orang yang merasa susah untuk tidur ketika berada di tempat yang baru, kamu pernah merasakannya?

Para peneliti dari Brown University di Rhode Island, yang dipimpin oleh Yuka Sasaki, menyelidiki fenomena aneh kenapa kita merasa susah tidur ketika berada di tempat baru secara lebih mendalam.

Tim ingin tahu mengapa hal ini terjadi, dan apakah ada manfaatnya.

Dengan menggunakan teknologi neuroimaging canggih untuk mengambil snapshot dari otak yang sedang tidur, tim tersebut membangun gambaran terperinci tentang aktivitas tidur selama malam pertama di lokasi baru.

Apa manfaatnya? Dilansir dari medicalnewstoday.com (22/04) ternyata, otak manusia bukanlah yang pertama kali mengembangkan kebiasaan seperti itu.

1 dari 2 halaman

Hewan-hewan lain diketahui tidur dengan setengah dari kewaspadaan otak mereka, mamalia laut dan beberapa burung, misalnya. Jenis asimetri hemisferik ini, yang disebut sebagai tidur gelombang lambat yang tidak hemispherik, memungkinkan bagian otak tetap waspada; jika ada suara aneh, kita lebih mungkin terangsang dan siap menghadapi bahaya.

Ilustrasi Tidur © Diadona

Burung dapat tidur, satu belahan pada satu waktu, benar-benar menjaga satu mata terbuka untuk predator. Beberapa ilmuwan percaya bahwa spesies burung tertentu dapat tidur sebentar di sayap, selama penerbangan migrasi yang panjang.

2 dari 2 halaman

Sebagai bukti untuk peningkatan hipotesis kewaspadaan, dalam percobaan ketiga, tim meminta peserta untuk mengetuk jari mereka dengan ringan jika mereka mendengar suara saat tidur. Sasaki menemukan bahwa pada malam pertama tidur, dibandingkan dengan yang kedua, para peserta lebih cenderung merespons, dan, ketika mereka merespons, itu jauh lebih cepat.

Jika kamu sering mengalami kesusahan untuk tidur di tempat baru, maka Sasaki menyarankan agar kamu membawa bantal sendiri.

Hingga saat ini masih belum diketahui penyebab utamanya pastinya mengapa, tidur merupakan suatu hal yang masih menjadi misteri bagi para peneliti.

Beri Komentar