Kanker Adalah Penyebab Kematian Kedua di Dunia, Ini 10 Fakta Tentang Kanker yang Jarang Diketahui

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Selasa, 22 Juni 2021 15:07
Kanker Adalah Penyebab Kematian Kedua di Dunia, Ini 10 Fakta Tentang Kanker yang Jarang Diketahui
Kanker adalah salah satu penyebab kematian terbesar di dunia. Apakah bisa disembuhkan? Apa saja penyebabnya? Yuk simak faktanya berikut

Kanker adalah istilah yang digunakan pada sekelompok besar penyakit yang bisa menyerang bagian tubuh manapun dan ditandai dengan berkembangnya sel-sel abnormal dalam tubuh. Kanker adalah istilah lain dari tumor ganas. Kanker merupakan salah satu penyebab utama kematian di seluruh dunia dengan angka 10 juta kematian di tahun 2020 saja.

Apa sih penyebab kanker? Dikutip dari laman resmi WHO, kanker adalah sel yang muncul dari hasil transformasi sel normal menjadi sel tumor. Nah transformasi itu terjadi sebagai hasil interaksi antara faktor genetik dengan tiga faktor eksternal, diantaranya:

  • karsinogen fisik, seperti ultraviolet dan radiasi pengion;
  • karsinogen kimia, seperti asbes, komponen asap tembakau, aflatoksin (pencemar makanan), dan arsenik (pencemar air minum); dan
  • karsinogen biologis, seperti infeksi dari virus, bakteri, atau parasit

1 dari 3 halaman

Kanker adalah © Diadona

Faktor risiko kanker meningkat seiring dengan peningkatan usia. Kemungkinan besar salah satunya terjadi karena mekanisme perbaikan sel yang jadi semakin kurang efektif.

Selain itu, faktor risiko lainnya dari kanker adalah:

  • Merokok
  • Kurang aktivitas fisik
  • Polusi udara
  • Adanya infeksi karsinogenik sepeti HPV, virus Hepatitis B, dan lainnya

Sekitar 30 - 50 % kanker yang terjadi saat ini sebenarnya bisa dicegah dengan menghindari faktor risiko, menerapkan strategi pencegahan berbasis bukti yang ada. Selain itu juga bisa dilakukan dengan upaya deteksi dini untuk meningkatkan angka harapan hidup penderitanya. Ingat, peluang sembuh suatu penyakit bisa saja bertambah jika didiagnosis lebih cepat dan dirawat dengan tepat.

2 dari 3 halaman

Fakta Tentang Kanker

Kanker adalah © Diadona

Lebih jauh mengenai kanker, yuk simak fakta-fakta berikut:

Jenis Kanker

Kanker bukanlah satu penyakit. Ada lebih dari 200 jenis dan subtipe kanker.

Angka Kematian Kanker Tahun 2020

Masih dari laman WHO, berikut daftar kematian akibat kanker di seluruh dunia

Sementara di tahun 2020, jumlah kasus baru kanker adalah :

  • Kanker payudara : 2.26 juta
  • Kanker paru-paru : 2.21 juta
  • Kanker usu besar dan rektum : 1.93 juta
  • Kanker prostat : 1.41 juta
  • Kanker kulit : 1.2 juta
  • Kanker perut : 1.09 juta

Kanker yang Paling Umum

Pada pria, kanker yang paling umum didiagnosis adalah kanker prostat, paru-paru, dan kolorektal. Untuk wanita, tiga jenis yang paling umum untuk kanker adalah payudara, paru-paru, dan kolorektal.

Pencegahan Kanker

Sekitar 30 - 50 % kasus kanker bisa dicegah melalui :

  • Menjaga indeks masa tubuh
  • Banyak makan buah dan sayuran
  • Olahraga secara teratur
  • Membatasi konsumsi alkohol

Penyebab Kanker Terbesar

Penggunaan tembakau adalah penyebab kanker terbesar yang dapat dicegah. Merokok tembakau menyumbang 30% dari semua kematian akibat kanker dan 80% dari semua kematian akibat kanker paru-paru.

Kanker dalam Riwayat Kesehatan Keluarga

Riwayat keluarga yang memiliki kanker adalah salah satu faktor risiko, tapi nggak bisa dijadikan prediksi lengkap dan menyeluruh. Hanya 5 - 10 % kanker yang turun menurun. Sebagian bessar kanker berkembang melalui kombinasi ketrunan, lingkungan dan gaya hidup.

3 dari 3 halaman

Kanker adalah © Diadona

Perawatan Kanker

Tidak semua tes, perawatan, atau prosedur tepat untuk setiap penderita. Maka, penderita harus berdiskusi dengan dokter tentang perawatan apa yang bisa meningkatkan peluang kesembuhan dan memmpertahankan kualitas hidup terbaik. Tujuan lain dari pemilihan perawatan kanker adalah mendiskusikan riisko efek samping dan biaya.

Kanker Tak Selalu Berakhir dengan Kematian

Jangan khawatir karena kanker tak selalu menyebabkan kematian. Di seluruh dunia terdapat 28 juta kanker survivor. Dan meskipun angka kasusnya mengalami kenaikan, angka bertahan hidupnya juga naik.

Pemanis Buatan Tidak Menyebabkan Kanker

Berbeda dengan apa yang kita yakini sebelumnya, penelitian menyebut bahwa pemanis buatan ternyata bukan penyebab kanker.

Kanker adalah penyakit yang menakutkan karena selalu dianggap merupakan penyebab kematian. Memang benar, tapi dengan deteksi dini, perawatan yang tepat dan gaya hidup sehat bisa menghindarkan dari risiko terburuk penyakit tersebut.

 

Beri Komentar