5 Tanda Kanker Paru-Paru sedang Menyerangmu

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Rabu, 29 Januari 2020 09:42
5 Tanda Kanker Paru-Paru sedang Menyerangmu
Jangan sampai kamu melewatkan gejala kanker paru-paru ini demi kesehatanmu.

Kanker paru-paru merupakan penyakit mematikan yang dapat membuat seseorang meninggal. Meskipun kanker paru-paru sering dihubung-hubungkan dengan asap rokok, nyatanya orang yang nggak merokok pun juga bisa terkena kanker paru-paru.

Sialnya, banyak orang yang menunggu kanker paru-paru menjadi fatal. Padahal, penanganan sejak dini sangat baik daripada menunggu hingga parah. Dirangkum dari Woman's Day (29/01), berikut gejala kanker paru-paru pada wanita yang mesti kamu ketahui.

1 dari 5 halaman

1. Batuk Berdarah

Ilustrasi Batuk © Diadona

Batuk merupakan gejala kanker paru-paru yang paling umum. Dr. Bryan Stanifer, M.D M.P.H., mengatakan bahwa batuk yang berlangsung lebih dari dua minggu ada baiknya segara diperiksa ke dokter.

Apalagi jika diserta dengan darah. Dr. Gouglas E. Wood, seorang ahli bedah di UW Medical Center Thoracic Surgery Clinic, menjelaskan, " Meskipun nggak selamanya batuk berdarah kanker paru-paru, tapi itu bisa menjadi gejala yang patut dipertimbangkan."

2 dari 5 halaman

2. Suara Berubah

Ilustrasi wanita sakit tenggorokan © Diadona

Perubahan nada pada suaramu seperti nggak bisa keras-keras, dan serak, bisa jadi merupakan gejala kanker paru-paru. Dr Stanifer menjelaskan, perubahan suara tersebut terjadi karena tekanan yang dihasilkan tumor kanker paru-paru pada saraf laring berulang, bergerak dari otak ke dada, lalu balik ke pita suara.

3 dari 5 halaman

3. Sakit Punggung

Ilustrasi Punggung © Diadona

Dr. Stanifer mengatakan bahwa sakit punggung yang dimaksud bukan sakit punggung sembarang. Sakit punggung ini menyebar hingga ke dekat dada, bahkan menjalar ke pusar perut. Sialnya, jika ini terjadi, itu pertanda bahwa kanker sudah menyebar ke tulang belakang.

4 dari 5 halaman

4. Menurunnya Berat Badan secara Drastis

ilustrasi menimbang badan © Diadona

Jika kamu merasa berat badanmu turun begitu saja tanpa ada alasan yang jelas, mungkin itu pertanda kamu terkena kanker paru-paru. Namun, Dr. Wood menjelaskan, kemungkinan besar disebabkan oleh dua hal: Pertama, ketika terkena kanker paru-paru, napsu makan berkurang. Kedua, kanker dan tubuh sama-sama bersaing memperebutkan kalori yang masuk.

5 dari 5 halaman

5. Kelelahan

Ilustrasi Lelah © Diadona

Sering merasa kelelahan nggak jelas? Bisa jadi itu tanda terkena kanker paru-paru. Dr. Stanifer menjelaskan bahwa kelelahan sudah biasa menyerang para penderita kanker. Kanker menyerap banyak sekali energi tubuh dan juga sangat terkait dengan penurunan berat badan.

Kalau kamu mempunyai gejala-gejala di atas, sebaiknya segara periksa ke dokter, ya! Semoga bermanfaat!

Beri Komentar