Penyebab Kanker Payudara Bisa dari 6 Makanan Ini loh, Hindari yuk!

Reporter : Wicha Mashita
Selasa, 5 Mei 2020 16:25
Penyebab Kanker Payudara Bisa dari 6 Makanan Ini loh, Hindari yuk!
Penyebab kanker payudara bisa berasal dari makanan-makanan yang kita konsumsi seperti ini.

Ada beberapa makanan penyebab kanker payudara yang perlu kita ketahui. Sejatinya, mencegah itu jauh lebih baik daripada mengobati kan? Nggak ada salahnya kita menghindari makanan-makanan di bawah ini.

Kanker payudara sendiri terjadi karena sel-sel di payudara tumbuh secara tidak normal dan tidak terkendali. Sehingga terbentuklah benjolan yang bisa menyebar ke kelenjar getah bening atau bahkan organ lainnya. Belum ada kepastian kenapa sel-sel tersebut menjadi kanker, namun para ahli menduga adanya interaksi antara faktor genetik dengan gaya hidup, lingkungan dan hormon.

1 dari 5 halaman

Makanan Penyebab Kanker Payudara

Kebanyakan, makanan-makanan di bawah ini tidak akan terduga bisa menjadi penyebab kanker payudara. Bahkan biasa dikonsumsi karena cukup mudah didapatkan.

Daging Merah

Makanan Penyebab Kanker Payudara © Diadona
Ada kandungan lemak jenuh dan kolesterol dalam daging merah yang lebih tinggi dibanding daging putih. Jika mengonsumsi daging merah terlalu banyak bisa meningkatkan risiko obesitas. Hal inilah yang bisa menjadi salah satu penyebab kanker payudara.

Apalagi perempuan memiliki lemak yang berlebih dalam tubuh mereka. Jumlah esterogennya juga lebih banyak diproduksi. Kelebihan esterogen sendiri menjadi faktor pemicu tumbuhnya sel kanker payudara.

Makanan yang Mengandung Lemak Trans Jenuh


Tubuh kita membutuhkan makanan yang ada kandungan lemak sehatnya, bikan lemak jenuh. Biasanya kandungan trans jenuh yang bisa jadi penyebab kanker payudara ini terdapat pada makanan seperti biskuit, snack, mentega, santan dan produk susu.

2 dari 5 halaman

Makanan yang Dibakar

Makanan Penyebab Kanker Payudara © Diadona
Biasanya daging memang nikmat jika dibakar, namun hal ini justru memicu terbentuknya senyawa heterocylic amine (HCA) dan policylic aromatic hydracarbon (PAH). Mereka termasuk zat karsinogen yang bisa menjadi faktor berkembangnya sel kanker, termasuk di payudara. PAH juga bisa ditemukan pada makanan hangus lainnya, rokok dan asap knalpot mobil.

Makanan Kalengan


Makanan kalengan memang instan dan mempermudah kita untuk mengonsumsinya. Namun kemasannya, yaitu kaleng bisa jadi penyebab kanker payudara. Soalnya kaleng biasanya dilapisi bisphenol-A (BPA).

Nggak itu aja, tapi makanan kalengan cenderung ada banyak tambahan gula, garam dan pengawet. Kurangin ya mulai sekarang!

3 dari 5 halaman

Gula

Penyebab Vertigo Sering Kambuh © Diadona
Manisnya gula memang jadi daya tarik, tapi sebaiknya kita kurangi mengonsumsinya. Gula memang bukan penyebab kanker payudara secara langsung. Tapi kalau kebanyakan gula akan mengalami obesitas. Inilah pemicu kanker payudara.

Penelitian di BMJ menyebutkan kalau makanan yang mengandung gula juga bisa memengaruhi kerja insulin tubuh. Hal ini membuatmu berisiko terkena resistensi insulin. Kementerian Kesehatan RI menyatakan, konsumsi gula per hari normalnya sekitar 50gr atau setara dengan 5-9 sendok teh.

Alkohol


Kalau ini pasti sudah tahu, alkohol memang nggak baik buat kesehatan. Selain kanker payudara, alkohol juga berisiko pada penyakit kanker liver dan kanker usus besar. Kalau kamu memang doyan banget, batasi ya sekitar 1-2 gelas saja per minggu.

4 dari 5 halaman

Penyebab Penyakit Kanker Payudara

Penyebab Kanker Payudara © Diadona
Selain makanan-makanan tersebut ada faktor lain yang bisa jadi penyebab kanker payudara secara umum, antara lain:

1. Semakin bertambahnya usia.

2. Jenis kelamin, perempuan lebih rentan terserang kanker payudara.

3. Obesitas

4. Paparan radiasi, biasanya seseorang yang pernah menjalani radioterapi.

5. Perempuan yang belum pernah hamil.

 

5 dari 5 halaman

6. Perempuan yang melahirkan pada usia tua.

7. Alkohol

8. Perempuan yang mengalmi menstruasi terlalu muda, biasanya di bawah usia 12 tahun.

9. Pernah terapi hormon.

10. Telat monopause hingga usia 55 tahun.
11. Riwayat kanker payudara pada keluarga juga bisa lebih berisiko jadi penyebab kanker payudara seseorang.

Itu tadi makanan dan faktor-faktor umum lainnya yang bisa jadi penyebab kanker payudara. Kurangi dan hindari yuk, untuk hidup lebih sehat!

Beri Komentar