Kenapa Sih Luka yang Hampir Sembuh Malah Jadi Terasa Gatal?

Reporter : Anif Fathul Amin
Jumat, 18 Juni 2021 17:03
Kenapa Sih Luka yang Hampir Sembuh Malah Jadi Terasa Gatal?
Godaan banget nih, buat garuk-garuk.

Memiliki luka pada kulit memang dapat terjadi pada siapa saja. Baik itu terjatuh atau tergores, luka pada kulit dapat terasa nyeri dan sakit. Namun luka ini juga seringkali terasa gatal.

Rasa gatal ini sering kali terasa ketika luka mulai mengering. Jika sampai digaruk, tentu saja luka yang tadinya mulai mengering akan terbuka kembali dan memperlama proses penyembuhan.

1 dari 3 halaman

Ilustrasi LukaIlustrasi Luka © rawpixel.com

Dilansir dari berbagai sumber, luka yang terasa gatal bisa disebabkan karena berbagai hal. Luka bisa terasa gatal karena terjadinya peradangan akibat terkena zat asing, atau bahkan alergen (penyebab alergi). Gatal yang terjadi membuat kamu secara refleks menggaruknya. Memang, rasa gatal akan hilang seketika dan kamu merasa lega. Namun beberapa saat kemudian, luka itu akan terasa sakit.

Rasa gatal pada saat penyembuhan luka juga bisa terjadi karena rangsangan fisik, kimia, atau regenerasi saraf. Rangsangan dapat berupa rangsangan mekanik, listrik, panas, atau histamin. Ini terjadi beriringan dengan pembentukan jaringan kolagen baru. Ketika regenerasi, kandungan dalam serat saraf yang tidak seimbang akan meningkatkan rasa gatal

 

2 dari 3 halaman

Ilustrasi Luka LuarIlustrasi Luka Luar © 2020 https://rawpixel.com/

Sebisa mungkin, jangan garuk lukamu meskipun terasa gatal. Goresan yang ditimbulkan akibat menggaruk akan mengiritasi luka dan menyebabkan risiko infeksi yang tinggi. Jaringan yang tumbuh untuk menutup luka juga akan rusak. Pemulihan luka akan terjadi secara lambat.

Terus cara ngatasin gatalnya gimana?

Cara paling sederhana adalah dengan menekan bagian luka dengan tangan yang bersih. Namun jika kamu tidak ingin mengambil risiko, kamu apat menggunakan krim, obat antiradang 

Beri Komentar