Jangan Sering-Sering Cabut Rambut Hidung, Bahaya Lho!

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Selasa, 24 November 2020 16:27
Jangan Sering-Sering Cabut Rambut Hidung, Bahaya Lho!
Siapa yang suka begini nih?

Sebagian besar orang beranggapan bahwa penampilan adalah segalanya. Jika ada penampilan yang mengganggu, contohnya rambut hidung, maka biasanya akan disingkirkan dengan dicabut. Tapi tetap saja, percayalah bahwa setiap bagian tubuh mempunyai manfaatnya tersendiri untuk manusia, bukan?

Memang sih mencabut rambut hidung bisa membuat seseorang lebih percaya diri. Tapi, keseringan melakukan hal ini berbahaya untuk kesehatan. Bahkan melansir dari Business Insider, rambut hidung itu tidak seharusnya dicabut.

1 dari 3 halaman

Ilustrasi Ngupil © Diadona

Dr. Erich Voigt, seorang otolaryngologist mengatakan bahwa rambut hidung berperan begitu penting atas apa saja yang seseorang hidung setiap harinya. Rambut hidung pun ada dua jenis, yaitu vibrissae dan sillia mikroskopis.

Kedua rambut hidung tersebut mempunyai fungsinya masing-masing, Salah satunya menyaring lendir dan memindahkannya ke belakang hidung, yang satunya mencegah pertikel lebih besar menjauh.

2 dari 3 halaman

Jika dicabut apalagi sering banget, bisa-bisa kuman dan pertikel masuk dan menyebabkan infeksi, bahkan bisa merambat ke otak. Nah jika berhasil sampai ke otak, bisa-bisa menyebabkan meningitis, atau abses otak, suatu jenis peradangan dan pembengkakan lain di otak.

Memang infeksi jenis itu jarang terjadi. Tapi untuk yang punya sistem imun lemah, bisa sering banget masalahnya. Bahkan bisa-bisa menyebabkan kematian.

Beri Komentar