Saat Diet Nggak Boleh Timbang Berat Badan Setiap Hari, Kenapa Ya?

Reporter : Mutia Wella Lukitasari
Jumat, 20 November 2020 08:25
Saat Diet Nggak Boleh Timbang Berat Badan Setiap Hari, Kenapa Ya?
Keberhasilan diet nggak cuma dilihat dari berat badan berkurang aja lho, guys.

Ketika sedang menjalani diet, sebagian besar dari kita mungkin tak sabar menantikan hasil dari usaha yang telah dilakukan. Hal ini tak jarang membuat kita jadi sering mengecek berat badan tubuh. Baik itu setelah olahraga ataupun mengeceknya setiap hari.

Meski sedang diet dan melakukan banyak upaya yang membuat tubuh mengeluarkan energi dan keringat, namun mengecek berat badan setiap hari tak disarankan lho. Kira-kira kenapa ya?

1 dari 2 halaman

Timbang Setiap Hari

Ilustrasi olahraga © Diadona

Penurunan berat badan memang sangat dinantikan, namun jika mengeceknya tiap hari yang ada justru membuat kita frustasi karena tak adanya penurunan.

" Tidak perlu timbang setiap hari, yang ada anda malah frustasi." ucap dr. Sungadi.

Menurut dr. Sungadi dilansir dari chanel Youtube SB13, meski pun telah berolahraga dan tubuh membakar banyak energi, namun hal ini tak akan langsung berdampak karena tentunya kita segera mengonsumsi cairan atau makanan setelahnya.

" Karena prinsipnya ketika berolahraga, selesai olahraga mungkin berat badan akan turun. Karena keringat keluar, energi keluar, tapi setelah anda isi lagi cairan, isi lagi dengan makanan akan naik lagi. Dan kalau cuma selisih sehari tidak ada pengaruhnya." jelas dr. Sung.

2 dari 2 halaman

Komponen Selain Timbangan

Ilustrasi Diet Makan © Diadona

Selain itu, terdapat kemungkinan lain yang menyebabkan tak berkurangnya berat badan. Misalnya suatu kondisi dimana bukan kalori yang terbakar, namun justru lingkar pinggang yang mengecil tapi massa otot bertambah.

" Bisa jadi, berat badan anda tetap tapi lingkar pinggang anda menurun. Kenapa, lemaknya terbakar tapi masa otot anda bertambah. Jadi timbangan ini bukan patokan yang wajib." jelasnya.

" Jadi kalau timbang tiap hari malah bikin anda frustasi dan cepat menyerah." tambah dr. Sung.

Saat sedang diet, hindari menimbang berat badan setiap hari. Karena ada banyak komponen yang menjadi penyebab keberhasilan diet. 

Beri Komentar