Jangan Disepelekan, Telinga Sering Gatal Bisa Jadi Disebabkan Hal ini!

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Senin, 30 Agustus 2021 11:27
Jangan Disepelekan, Telinga Sering Gatal Bisa Jadi Disebabkan Hal ini!
Hayo, siapa nih yang sering garuk-garuk kuping karena gatal?

Salah satu kondisi kesehatan tubuh yang perlu dijaga adalah telinga. Kalau terdapat masalah kesehatan pada organ ini, pasti melakukan aktivitas sehari-hari jadi terganggu. Nah, salah gangguan kesehatan pada organ ini biasanya adalah telinga sering terasa gatal.

Banyak orang yang menyepelakannya. Namun kira-kira, kenapa ya telinga sering gatal?

1 dari 5 halaman

Ilustrasi Wanita Telinga Gatal © Diadona

Ternyata melansir dari The List via Merdeka.com, umumnya dan salah satu penyebab utama telinga gatal adalah alergi, menurut McGovern Medical School. Mungkin untuk sebagian orang masalah ini tidak begitu mengganggu, namun untuk sebagian orang yang lain sangat menjengkelkan.

 

2 dari 5 halaman

Alergi pada telinga sehingga terasa gatal bisa dikarenakan reaksi terhadap produk rambut baru yang dipakai, atau juga bisa jadi reaksi terhadap makanan tertentu yang kamu konsumsi, nih. Sehingga, jika memang demikian, kamu perlu lebih hati-hati dan memperhatikan betul dalam pemilihan produk kecantikan yang akan dipakai, maupun jenis makanan yang hendak dipakai.

Selain alergi, telinga gatal juga bisa dikarenakan kebersihan, terutama keseringan penggunaan cotton buds. Keseringan menggunakan cotton buds untuk membersihkan telinga justru bisa membuat telinga iritasi dan peradangan. Kemunginan untuk terinfeksi pun meningkat.

3 dari 5 halaman

Ilustrasi Wanita Telinga Gatal © Diadona

Jika sudah demikian, hal ini juga bisa menyebabkan penyumbatan telinga, terlebih penggunaan cotton buds yang keseringan justru mendorong kotoran masuk ke dalam telinga. Telinga pun jadi gatal. Jika gatal terjadi di luar kanal terlinga, hal itu bisa disebabkan oleh psoriasis, yaitu kulit di sekitar telinga pecah-pecah.

 

4 dari 5 halaman

Kalau kamu masih belum menemukan penyebab telinga sering gatal, sangat disarankan untuk tidak melakukan apapun. Jangan digaruk apalagi memasukkan papun ke dalam telinga. Meski demikian, memang telinga gatal tanda sedang infeksi.

Agar mendapatkan penanganan dan pengobatan yang benar, lebih baik segera konsultasikan ke dokter terkait, ya!

Beri Komentar