Jangan Disepelekan, Ini Tanda-Tanda Kamu Kurang Minum Air Putih!

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Kamis, 13 Januari 2022 13:27
Jangan Disepelekan, Ini Tanda-Tanda Kamu Kurang Minum Air Putih!
Hayo, kalau ada tanda-tanda ini segera cukupkan air putih untuk tubuh, ya!

Sebagian besar tubuh berkomposisi air. Untuk itu, penting untuk kita cukup minum air putih. Jika tidak, sederat masalah kesehatan bisa timbul. Namun, mungkin karena saking sibuknya dengan sesuatu, banyak dari kita yang jadi lupa untuk minum air putih, bahkan tidak sadar bahwa tubuh kita sedang kekurangan air.

Lalu, apa tanda-tanda tubuh kekurangan air putih?

 

1 dari 4 halaman

Ilustrasi Wanita Minum Air HangatIlustrasi Wanita Minum Air Hangat © Shutterstock

Melansir dari Hellosehat, salah satu tanda tubuh kekurangan air putih adalah mulit yang jadi terasa kering. Kelenjar ludah jadi nggak punya cairan cukup untuk menghasilkan air liur. Akhirnya, mulut pun terasa kering. Jika dibiarkan terus-terusan, bisa muncul masalah kesehatan yang lain seperti mulut bau, bibir kering, dan lain-lain.

Tanda selanjutnya tubuh kurang air putih adalah mata kering. Ya, hal tersebut dikarenakan mata kekurangan air. Kekurangan air akan membuat lapisan air mata berkurang, sehingga bisa menyebaan iritasi dan bahkan kaburnya penglihatan.

 

2 dari 4 halaman

Selain itu, kelelahan juga bisa jadi tanda tubuh kurang air putih. Kekurangan cairan bisa menyebabkan volume darah menurun, yang bisa menghambat penyebaran oksigen dan nutrisi ke seluruh sel-sel tubuh. Akhirnya, tubuh bisa jadi kelelahan.

Ketika kurang air putih, kamu pun jadi jarang kencing, karena ginjal sedang menahan cairan agak fungsinya terjaga. Namun jika ada saatnya buang air kecil, warna air kencing alias urine akan jadi lebih gelap dan keruh. Baunya pun lebih bau, bahkan bisa berisiko terinfeksi saluran kemih.

3 dari 4 halaman

Ilustrasi Wanita Minum Air HangatIlustrasi Wanita Minum Air Hangat © Shutterstock

Kamu juga bisa jadi sambelit jika kekurangan air putih. Feses pada sus jadi lebih keras, sehingga sulit keluar, yang padahal hal tersebut merupakan gejala sembelit. Untuk itu, cukup air putih penting agar feses lembut dan mudah keluar.

Terakhir, kekurangan air putih bisa membuat kulit kering, sebab produksi keringat tubuh berkurang. Kulit pun kehilangan kekenyalan dan elastisitas. Kulit akhirnya bisa jadi kering, terkelupas, bahkan mengendur. Padahal, kulit pun penting terhidrasi dengan baik.

 

Beri Komentar