Sering Terkena Matahari Bisa Bikin Rambut Jadi Merah Kecokelatan, Mitos atau Fakta?

Reporter : Anif Fathul Amin
Selasa, 11 Januari 2022 18:03
Sering Terkena Matahari Bisa Bikin Rambut Jadi Merah Kecokelatan, Mitos atau Fakta?
Sering dibilangin gini juga nggak?

Bermain layang-layang merupakan salah satu hal yang banyak dilakukan oleh anak kecil bahkan hingga orang dewasa di Indonesia. Satu hal yang biasa diingatkan oleh orangtua kepada anak ketika bermain layang-layang adalah jangan terlalu lama karena bisa membuat rambut menjadi merah.

Tidak hanya terbatas pada layang-layang, banyak orang mempercayai bahwa paparan sinar matahari bisa membuat rambut berubah warna menjadi merah. Benarkah hal ini bisa terjadi?

1 dari 5 halaman

Ilustrasi Berjemur © Diadona

Melansir Hellosehat, rambut terbuat dari protein khusus yang disebut keratin dan tumbuh di folikel yang tertanam di dalam kulit kepala.

Dalam folikel, sel rambut yang masih hidup akan terus membelah untuk membentuk batang rambut. Sementara itu, folikel juga memproduksi melanin untuk menciptakan warna batang rambut. Semakin banyak melanin yang diproduksi, warna rambut juga akan semakin hitam legam.

2 dari 5 halaman

Ilustrasi Berjemur © Diadona

Batang rambut bakal terus tumbuh mencuat hingga keluar kulit kepala dan memanjang. Proses pewarnaan dan pertumbuhan rambut dibantu oleh aliran darah segar dari jantung yang membawa oksigen dan nutrisi menuju folikel.

Nah, paparan sinar matahari dapat menghancurkan sel melanin di dalam batang rambut. Radiasi ultraviolet sinar matahari akan " membakar" melanin yang tadinya membawa pigmen warna hitam menjadi coklat kemerahan seperti warna karat. Proses ini disebut oksidasi.

3 dari 5 halaman

Ilustrasi  Wanita Rambut Merah © Diadona

Sederhananya, warna rambut berubah merah karena batang rambut " gosong" setelah kena matahari sehingga kandungan melanin di dalamnya jadi sangat sedikit.

Meski begitu, ada beberapa hal yang bisa dilakukan agar rambut tidak rusak karena sinar matahari. Dermatolog dari Cleveland Clinic dr. Wilma Bergfeld menyarankan untuk sering merawat rambut dengan kondisioner setelah keramas guna mencegah rambut semakin rusak.

4 dari 5 halaman

Carilah kondisioner yang sesuai dengan jenis rambut dan masalahnya. Bagi yang suka beraktivitas di bawah sinar matahari, Dr. Bergfeld merekomendasikan pakai kondisioner dengan formula volumizing agar rambut tidak cepat lepek dan berminyak.

Kamu juga disarankan sebisa mungkin keluar rumah pagi-pagi sekali atau bahkan sore menjelang Maghrib saat sinar matahari sudah redup agar warna rambut tidak mudah berubah. Namun jika memang harus keluar di siang hari, pakai topi atau payung untuk melindungi rambut.

Beri Komentar