Jaga Kesehatan Lansia, Ini 6 Makanan yang Seharusnya Dihindari

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Minggu, 20 Februari 2022 08:27
Jaga Kesehatan Lansia, Ini 6 Makanan yang Seharusnya Dihindari
Sebaiknya hindari makan berikut agar tubuh tetap sehat di usia senja.

Ketika umur sudah mencapai lanjut usia alias lansia, perlu banget menjaga kesehatan karena fungsi tubuh sudah menurun. Salah satu hal yang bisa dilakukan adalah dengan menjaga makanan yang hendak dikonsumsi. Melansir dari Halodoc.com, ini 6 makanan yang perlu dihindari oleh lansia!

1 dari 7 halaman

Makanan Tinggi Sodium

Ilustrasi HipertensiIlustrasi Hipertensi © 2020 https://rawpixel.com/

Segala sesuatu yang berlebihan memang tidak baik, terutama baik lansia sebaiknya hindari makan garam terlalu banyak, apalagi yang memiliki riwayat hipertensi. Para ahli berpendapat bahwa lansia sebaiknya tidak lebih konsumsi 1.2 gram garam per hari.

2 dari 7 halaman

Kafein

Kafein memang memiliki sejumlah kesehatan. Namun khusus lansia sebaiknya dihindari. Sebab pada dasarnya cafein bisa meningkatkan kecemasan dan membuat detak jantun berdebar lebih cepat dan tak teratur. Apalagi yang punya riwayat jantung. Jadi, hindari produk kafein dulu, ya!

3 dari 7 halaman

Daging dan Telur Mentah

Ilustrasi Lansia MakanIlustrasi Lansia Makan © Shutterstock

Beberapa makanan disajikan dalam bentuk mentah. Beberapa orang memang menikmati sajian ini. Misalnya saja daging merah dan telur mentah. Meski demikian, makanan mentah tidak disarankan untuk dikonsumsi karena kebersihannya belum terjamin yang bisa tidak baik untuk kesehatan, terutama lansia yang rentan terkena penyakit.

4 dari 7 halaman

Soda dan Minuman Energi

Minuman soda dan energi memang enak sekali, ditambah lagi bisa menambah stamina meski cuma sekejap. Jika banyak yang berpikir ini cocok untuk penambah stamina lansia, ini salah. Sebab ini bisa meningkatkan gula daran dan risiko terkena diabetes serta obesitas dan masalah kesehatan lainnya.

5 dari 7 halaman

Makanan Rendah Lemak

Banyak orang yang menjaga berat badan ideal dengan menghindari makanan berlemak. Padahal, lemak itu ada yang sehat dan disarankan untuk tetap mengkonsumsinya. Sebat saja ikan, kacang, dan minyak zaitun yang bisa melindungi kesehatan jantung. Selain itu, lemak sehat bisa melindungi otak, sendi, dan juga cadangan energi untuk tubuh.

6 dari 7 halaman

Susu yang Tidak Dipasteurisasi

Ilustrasi Lansia MakanIlustrasi Lansia Makan © Shutterstock

Minum susu disebutkan memang memiliki sejumlah manfaat kesehatan. Namun susu yang tidak teurisasi sebaiknya dihindari lansia karena berisiki punya bakteri lebih tinggi. Sebab susu perlu dipasteurisasi agar bakteri berbahaya di dalamnya terbunuh.

Beri Komentar