Ini Dampak Buruk kalau Sering Minum Air Es, Jangan Dibiasain!

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Sabtu, 5 Maret 2022 08:27
Ini Dampak Buruk kalau Sering Minum Air Es, Jangan Dibiasain!
SIapa nih yang sukanya minum air es terus~

Untuk sebagian orang, minum air air es rasanya tak hanya menyegarkan, tapi udah jadi sebuah kebiasaan. Kayak, nggak enak aja gitu kalau belum minum air es. Ya, apalagi kalau hari sedang panas-panasnya~

Namun tau nggak sih, ternyata minum es sering-sering apalagi menjadi kebiasaan itu nggak bagus lho! Melansir dari The Health Site, bisa menyebabkan 4 dampak buruk ini~

 

1 dari 5 halaman

Risiko Radang Tenggorokan

Ilustrasi Batuk © Diadona

Minum air es kayaknya sih emang segar, apalagi ketika diminum ketika hari sedang panas-panasnya. Namun ternyata minun air es bisa menyebabkan radang nih. Sebab air es bisa menyebabkan munculnya lendir lapisan kerongkongan, sehingga tenggorokan jadi rendan infeksi dan radang.

2 dari 5 halaman

Gangguan Pencernaan

Siapa sangka, air es ternyata bisa mengganggu sistem pencernaan. Sering minum air es bisa memperlambat pencernaan makanan karena pembuluh darah yang menyempit. Alhasil, nutrisi jadi habis dan hilang karena waktu yang dibutuhkan untuk mencerna makanan terlalu lama.

 

3 dari 5 halaman

Pelannya Detak Jantung

Ilustrasi Sakit Jantung © Diadona

Sering minum air es pun ternyata bisa menyebabkan pelannya detak jantung. Sebab minum air bisa itu bisa merangsang saraf vagus, yaitu yang mengontrol aktivitas tak sadar tubuh, seperti detak jantung. Nah, air es ini bisa mempengaruhi kinerja saraf vagus dan menyebabkan detak jadi pelan.

 

4 dari 5 halaman

Hilangnya Nutrisi Makanan

Tubuh akan menggunakan energi berlebih untuk mengatur suhu menjadi normal ketika minum air es yang mana temperaturnya terlalu dingin. Di sisi lain, seharusnya energi tersebut digunakan untuk mencerna makanan dan menyerap nutrisi. Karena energi sudah terpakai, tubuh pun tak menyerap nutrisi secara maksimal, bahkan bisa menghilang.

 

Beri Komentar