Enak Sih, Tapi Tidur Siang Kelamaan Bisa Bahaya Banget lho!

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Rabu, 9 September 2020 15:27
Enak Sih, Tapi Tidur Siang Kelamaan Bisa Bahaya Banget lho!
Wah, padahal kan enak banget!

Tidur siang itu emang enak banget. Di pagi hari sudah melakukan berbagai aktivitas, lalu siang udah panas pasti capek. Banyak orang yang tidur siang lama banget, sampai kesorean. Tapi ternyata, melansir dari Health24.com, tidur siang kelamaan bisa bahaya banget buat tubuh!

1 dari 4 halaman

Tidur siang kelamaan ternyata bisa meningkatkan risiko penyakit jantung sebanyak 34%, sedangkan risiko kematiannya meningkat 30% lebih besar.

Bahkan, berapa pun durasi tidur siangnya, itu bisa meningkatkan risiko kematian dini sebesar 19%. Hal ini ditemukan oleh peniliti Cina. Wah, kok bisa ya?

2 dari 4 halaman

Ilustrasi Tidur Siang © Diadona

Berdasarkan keterangan Zhe Pan, peneliti dari Guangzhou Medical University, ketua peneliti dari Guangzhou Medical University, mengatakan bahwa tidur siang baiknya di bawah satu jam.

" Kalau kamu mau tidur siang, penelitian kami menunjukkan bahwa paling aman adalah untuk melakukannya di bawah satu jam," ucap Zhe Pan.

3 dari 4 halaman

Penelitian tersebut menganalis data dari 20 penelitian, dengan jumlah 313 ribu peserta. Lansia berusia 65 lebih tua paling berhubungan.

Lansia punya risiko kematian 27% lebih tinggi dengan tidur siang, dan penyakit jantung 36% lebih besar. Sedangkan dibanding pria, wanita bisa mencapai risiko kematian 22% lebih besar dan risiko masalah jantung 31% lebih besar.

Menariknya lagi, orang yang tidur malamnya lebih dari enam jam, itu punya peningkatan risiko kematian jika tidur siang lama.

Beri Komentar