7 Penyebab Kurang Darah dan Cara Mengatasinya

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Selasa, 8 September 2020 19:46
7 Penyebab Kurang Darah dan Cara Mengatasinya
Penyebab kurang darah nggak cuman karean kekurangan zat besi aja. Bisa juga karena penyakit yang diderita orang yang bikin produksi sel darah merah tak sebanyak orang normal

Istilah kurang darah mengacu pada anemia, di mana tubuh kekurangan sel darah merah. Ini beda dengan tekanan darah rendah ya! Gejalanya emagn sekilas sama, tapi penyebab kurang darah dan darah rendah jauh berbeda.

Anemia adalah kekurangan jumalh sel darah merah. Dalam tes darah rutin, anemia dicatata sebagai hemoglobin atau hematokrit rendian. Nah, hemoglobin ini adalah protein utama dalam sel darah merah yang punya fungsi untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh. Kalau kamu mengalami anemia, kadar hemoglobin kamu juga akan rendah.

Benyakan sel darah, termasuk sel darah merah, diproduksi secara teratur di sumsum tulang. Untuk memproduksinyam tubuh membutuhakn zat besi, vitamin B-12, folat, dan nutrisi lain dari makanan

Tubuh yang kekurangan oksigen bakalan ngerasai lelah dan sesak napas karena organ dalam tubuh nggak mendapatkan apa yang mereka butuhkan buat berfungsi secara normal. Gejala lain juga berupa:

  • Pusing
  • Detak jantung cepat
  • Sakit kepala
  • Nyeri pada tulang, dada atau persendian
  • Masalah pada pertumbuhan, terutama anak-anak atau remaja
  • Sesak napas
  • Kulit pucat
  • Tangan dan kaki dingin
  • Lemah, lesu dan kelelahan

1 dari 3 halaman

Penyebab Kurang Darah atau Darah Rendah

Penyebab Kurang Darah © Diadona

Kalau penyebab kurang darah karena jumlah sel darah merah yang menurun, maka darah rendah terjadi akibat tekanan darah berada di bawah normal.

Sebenarnya nih ada 400 lebih jenis kurang darag yang dibagi menjadi tiga kelompok berdasarkan penyebab kurang darah tersebut, yakni:

  • Kurang darah karena kehilangan darah
  • Kurang darah karena produksi sel darah merah yang menurun atau rusak
  • Kurang darah karena kerusakan sel darah merah

Penyebab kurang darah berdasarkan jenisnya, antara lain:

Kurang Darah karena Kekurangan Zat Besi

Jadi, tulang membutuhkan zat besi untuk membuat hemoglobin. Tanpa zat besi yang cukup, tubuh tidak bisa menghasilkan cukup hemoglobin untuk sel darah merah. Ini adalah jenis anemia yang paling umum.

Tanpa diberikan suplemen zat besi, anemia jenis ini banyak diderita oleh ibu hamil. Penyebab kurang darah ini juga bisa karena kehilangan datah, misalnya menstruasi yang berat, kanker, maag, atau penggunaan obat pereda nyeri secara rutin karena bisa menyebabkan peradangan pada lapisan lambung yang menyebakn kehilangan darah.

Kurang Darah Karena Kekurangan Vitamin

Dikutip dari Mayo Clinic, selain zat besi, tubuh juga membutuhkan folat dan vitamin B-12 untuk menghasilkan sel darah merah yang cukup sehat. Pola makan yang kekurangan nutrisi penting ini dan lainnya dapat menyebabkan penurunan produksi sel darah merah, yang lebih lanjut bisa jadi penyebab kurang darah.

Selain itu, beberapa orang yang mengonsumsi cukup B-12 tidak dapat menyerap vitamin tersebut. Hal ini dapat menyebabkan anemia defisiensi vitamin, juga dikenal sebagai anemia pernisiosa.

Kurang Darah karena Peradangan

Penyakit tertentu - seperti kanker, HIV / AIDS, rheumatoid arthritis, penyakit ginjal, penyakit Crohn dan penyakit inflamasi akut atau kronis lainnya - dapat mengganggu produksi sel darah merah.

 

2 dari 3 halaman

Penyebab Kurang Darah © Diadona

Kurang Darah karena Penyakit Sumsum Tulang

Berbagai penyakit, seperti leukemia dan myelofibrosis, bisa jadi penyebab kurang darah karena mempengaruhi produksi darah di sumsum tulang. Efeknya bisa bervariasi, dari yang ringan hingga yang mengancam jiwa.

Anemia Hemolitik

Penyebab kurang darah ini terjadi karena sel darah merah dihancurkan lebih cepat daripada yang bisa digantikan oleh produksi sumsum tulnga belakang. Terlebih bila penderita memiliki penyakit tertentu yang bisa meningkatkan kerusakan sel darah merah.

Anemia Sel Sabit

Ini adalah kondisi yang diwariskan dan terkadang berujung fatal. Penyebab kurang darah atau anemia ini karena bentuk hemoglobin yang rusak dan bentuknya jadi seperti sel sabit. Sel darah yang nggak teratur ini mati sebelum waktunya sehingga terjadi kekurangan sel darah merah yang kronis.

Anemia Aplastik

Ini adalah anemia langka yang mengancam jiwa ini terjadi ketika tubuhnggak memproduksi cukup sel darah merah. Penyebab kurang darah ini diantaranya infeksi, obat-obatan tertentu, penyakit autoimun dan paparan bahan kimia beracun.

3 dari 3 halaman

Penyebab Kurang Darah dan Cara Mengatasinya

Penyebab Kurang Darah © Diadona

Cara mengatasi kurang darah ini tergantung pada apa yang jadi penyebabnya. 

Anemia Aplastik

Pengobatannya bisa dilakukan dengan transfusi darah, atau bahkan transplanstasi sumsum tulang di mana penderita bakalan mendapatkan sel punca donor.

Anemia Sel Sabit

Bisa diobati dengan obat penghilang rasa sakit, suplemen asam folat, antibiotik atau terapi oksigen

Anemia Hemolitik

Obat penyakit anemia yang satu ini yakni dengan obat untuk menahan sistem kekebalan tubuh.

Anemia karena kekurangan darah

Yang harus dilakukan untuk mengobati pennyakit anemia yang ini, yakni dengan menjalani operasi untuk menemukan dan memperbaiki pendarahan. Kalau anemia tersebut terjadi karena kekurangan zat besi, berarti penderita perlu banget mengkonsumsi zat besi dan mengubah pola makan.

 

Beri Komentar