Enak Sih, Tapi Membunyikan Punggung Itu Bahaya Gak Ya?

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Kamis, 20 Agustus 2020 09:27
Enak Sih, Tapi Membunyikan Punggung Itu Bahaya Gak Ya?
Pernah penasaran?

Kamu termasuk orang yang suka membunyikan punggung atau enggak? Sebagian besar sih orang-orang pernah membunyikan punggung ya. Rasanya lega, suaranya itu loh bikin puas. Tapi kira-kira, hal ini berbahaya nggak sih? Pernah penasaran?

1 dari 4 halaman

Jangan Terus-menerus

Melansir dari Insider, membunyikan punggung itu sebenarnya tidak apa-apa. Asalkan tidak melakukannya setiap hari. Begitulah menurut keterangan dari Armin Tehrany, ahli beda ortopedi.

" Sesekali tidak apa-apa, tetap meretakkan punggung setiap hari dapat menyebabkan tulang rawan aus, menyebabkan rasa sakit, atau mungkin robekan tendon dan ligamen," jelasnya.

2 dari 4 halaman

Berisiko Terkena Osteoartritis

Ilustrasi Bunyikan Punggung © Diadona

Jika melakukannya terus-menurus, yang ada bisa meningkatkan risiko osteoartritis. Sebab mempunyikan punggung terus-menerus bisa menyebabkan retak sendi dan menyebabkan peregangan permanen pada ligamen.

Selain itu, retakan punggung kronis juga bisa menyebabkan hipermobilitas, atau rentang gerakan abnormal pada persendian seseorang.

3 dari 4 halaman

Jangan Minta Teman Tak Profesional

Jika kamu ragu untuk membunyikan punggung sendiri, jangan pernah meminta teman yang tak berlesensi alias tak profesional untuk melakukannya. Sebab, mereka kemungkinan besar akan menggunakan lebih banyak kekuatan untuk membunyikan punggungmu. Tulang ataupun otot bisa rusak.

" Ketika seseorang melakukan gerakan memutar yang kasar, mereka mengambil sendi tulang belakang yang tidak spesifik dan menekannya ke posisi ekstrim. Hingga mengeluarkan suara retakan yang terdengar," jelas ahli terapi fisik Jeffrey Yellin.

 

Beri Komentar