Dilarang Minum Saat Puasa, Gimana ya Agar Tubuh Tetap Terhidrasi dan Tidak Haus?

Reporter : Mila
Kamis, 31 Maret 2022 07:57
Dilarang Minum Saat Puasa, Gimana ya Agar Tubuh Tetap Terhidrasi dan Tidak Haus?
Simak dulu guys.

Selama berpuasa, tubuh kita tidak akan memperoleh nutrisi dan cairan karena kita pun memang tidak diperbolehkan makan atau pun minum. Tidak mendapatkan cairan apapun membuat tubuh kita beresiko mengalami dehidrasi lho.

Normalnya tubuh kita terdiri dari sekitar 60% air, sehingga air memiiki peran vital dalam menjalankan fungsi tubuh. Nah, meski tidak bisa minum saat menjalankan ibadah puasa, kamu juga bisa kok tetap menjaga kebutuhan cairan tubuh.

1 dari 6 halaman

Cukupi Kebutuhan Air Mineral

Mengonsumsi air mineral masih memegang peran utama. Meski tidak bisa minum saat puasa, kamu bisa menggunakan cara lain untuk tetap mencukupinya. 

Kamu bisa meminum 2 gelas saat berbuka, 4 gelas sebelum tidur, dan dilanjutkan dengan 2 gelas saat sahur.

2 dari 6 halaman

Kurangi Makananan Tinggi Garam

Zat yang ada pada garam bisa meningkatkan kebutuhan tubuh akan air, hal ini mengakibatkan munculnya rasa haus yang berlebih di siang hari. Oleh karena itu, hindari makanan dengan kandungan garam tinggi saat sahur, ya.

3 dari 6 halaman

Konsumsi Makanan Manis Secukupnya

Berbukalah dengan yang manis. Kalimat tersebut memang tidak salah, asal jangan berlebihan ya. Kamu bisa mengimbangi makanan manis dengan minum segelas air yang sudah di campurkan irisan lemon, daun mint dan kayu manis.

4 dari 6 halaman

Konsumsi Banyak Sayuran dan Buah

Buah dan sayur adalah sumber nutrisi yang baik untuk tubuh. Karena itu, sebaiknya selalu sempatkan untuk konsumsi buah dan sayur saat sahur dan berbuka.

5 dari 6 halaman

Hindari Konsumsi Kafein Berlebih

Mengonsumsi minuman berkafein yang berlebihan ternyata bisa menyebabkan tubuh merasa haus dalam beberapa jam saja. Karena itu, kamu perlu menghindarinya saat sahur dan lebih baik mengonsumsi lebih banyak air mineral.

6 dari 6 halaman

Nah, itu dia cara yang bisa kamu lakukan untuk menghindari diri dari dehidrasi agar tak merasa kehausan saat sedang berpuasa. Sebenarnya haus saat puasa adalah hal wajar selama tidak mengganggu aktifitasmu.

Semoga informasi ini bermanfaat ya!

Beri Komentar