Diet Plant Based dan Vegan, Apa Bedanya Sih?

Reporter : Mutia Wella Lukitasari
Jumat, 19 Februari 2021 10:25
Diet Plant Based dan Vegan, Apa Bedanya Sih?
Sama-sama mengonsumsi nutrisi nabati, tapi ternyata keduanya berbeda lho..

Dari berbagai jenis diet, salah satu cara yang menarik banyak peminat adalah diet plant based. Tak hanya dapat menurunkan berat badan, diet ini juga berdampak baik untuk kesehatan tubuh secara umum.

Namun tak sedikit yang mempertanyakan perbedaan antara diet plant based dengan vegan karena makanan yang dikonsumsi sama. Dilansir dari berbagai sumber, simak perbedaan keduanya ini deh!

1 dari 2 halaman

Diet Vegan

Ilustrasi DietIlustrasi Diet © shutterstock.com

Diet vegan berarti tak lagi mengonsumsi makanan apapun yang berasal dari hewani. Hal ini termasuk pada makanan seperti susu, daging, ikan, telur, atau bahkan madu sekalipun.

Beberapa orang memilih untuk mengikuti pola makan vegan karena alasan etika, lingkungan, atau kesehatan. Meskipun menjadi vegan dapat memiliki manfaat kesehatan, namun menjalani diet vegan masih diperbolehkan mengonsumi makanan berkalori tinggi seperti snack keripik kentang, atau bahkan makanan cepat saji vegan.

Karena itu, menjalani diet ini juga memerlukan kontrol yang tepat.

 

Diet Plant Based

Ilustrasi Diet MakanIlustrasi Diet Makan © unsplash.com / Louis Hansel

Berbeda dengan diet vegan, diet plant based lebih mengutamakan pada makan-makanan seperti buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Namun mengonsumsi produk hewani masih diperbolehkan, asal tetap fokus pada makan makanan yang bersumber nabati.

Pola makan plant based juga lebih menekankan pada makanan utuh yang melewati sedikit proses pembuatan atau pemasakan.

2 dari 2 halaman

 

Meski sama, namun diet plant based dan vegan cukup berbeda dalam prosesnya. Karena itu kamu perlu memikirkan dengan baik, pola makan dan nutrisi mana yang sesuai denganmu.

Karena dalam melakukan kedua diet ini memerlukan kemauan dan konsistensi yang tinggi untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Keep healthy, guys!

Beri Komentar