Bule Ternyata Tidak Bisa Jongkok Seperti Orang Indonesia, Ini Lho Alasannya!

Reporter : Mila Ismiranda
Senin, 29 November 2021 07:57
Bule Ternyata Tidak Bisa Jongkok Seperti Orang Indonesia, Ini Lho Alasannya!
Bule tidak bisa jongkok dengan sempurna.

Jongkok adalah hal yang biasa dilakukan orang Asia, salah satunya Indonesia. Kita bisa melakukannya di dapur, pinggir jalan, saat berolahraga, atau bahkan saat buang hajat.

Beda halnya orang di Asia, jongkok ternyata adalah hal aneh dan sulit dilakukan para bule (orang western). Melansir 8asians, dari 100% hanya 13,5% orang Amerika yang dilaporkan bisa berjongkok, itupun mereka rata-rata memiliki darah Asia dan rajin berolahraga yoga.

Kira-kira kenapa ya alasan orang bule tidak bisa jongkok?

1 dari 4 halaman

Postur Tubuh

Ilustrasi Postur TubuhIlustrasi Postur Tubuh © Shutterstock

Alasan yang paling utama adalah postur tubuh. Orang Asia cenderung punya tubuh yang lebih pendek daripada bule. Nah, oleh karena itu kita jadi lebih mudah melakukan gerakan jongkok.

Sementara, bule yang notabene punya tubuh tinggi akan sulit jongkok karena kakinya lebih jenjang sehingga kesulitan mengatur keseimbangan.

2 dari 4 halaman

Posisi yang Salah

Ilustrasi JongkokIlustrasi Jongkok © barstoolsports.com

Kalau disuruh jongkok, kebanyakan bule akan melakukan dengan bertumpu pada ujung kaki saja. Bagian tumit mereka dibiarkan tidak menyentuh tanah.

Posisi ini membuat paha lebih banyak menumpu beban tubuh. Pergelangan kaki dan tulang belakang juga lebih banyak menerima tekanan. Hal tersebutlah yang membuat jongkoknya tidak seimbang.

Beda sama orang Asia, yang jongkok dengan menumpu pada seluruh permukaan telapak kaki. Jadinya lebih seimbang dan bisa bertahan lebih lama.

3 dari 4 halaman

Kebiasaan Sehari-hari

Ilustrasi JongkokIlustrasi Jongkok © Shutterstock

Semakin terbiasa seseorang dengan satu hal, maka ia akan semakin mahir melakukannya. Begitupun dengan jongkok.

Kita sebagai orang Asia pasti biasa melakukan hal-hal yang mengharuskan untuk jongkok sejak kecil. Mulai dari buang air di toilet jongkok, nongkrong kalau lagi capek, dan aktifitas jongkok lainnya.

4 dari 4 halaman

Manfaat Jongkok untuk Kesehatan

Melansir Quartzy, Dr. Bahram Jam, seorang terapis di Kanada, mengatakan kalau saat jongkok, sendi manusia bisa menghasilkan cairan sinovial yang memberikan nutrisi pada tulang rawan. Kalau lutut dan pinggul tak pernah ditekuk, produksi cairan ini akan terhenti.

Selain itu, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan American Health Journal, jongkok membuat darah bergerak dan mengalir ke seluruh tubuh dengan cara yang lebih efisien. Seperti diketahui, sirkulasi darah yang baik sangat penting untuk kesehatan karena darah membawa oksigen ke otak dan semua bagian tubuh lainnya.

Nah, merasa beruntung kan jadi orang Asia? Semoga informasi ini bermanfaat ya!

Beri Komentar