Walau Beraktivitas di Dalam Air, Kenapa Kulit Jadi Gelap Setelah Berenang Ya?

Reporter : Anif Fathul Amin
Jumat, 26 November 2021 18:03
Walau Beraktivitas di Dalam Air, Kenapa Kulit Jadi Gelap Setelah Berenang Ya?
Ternyata ini lho penyebab kulit menggelap setelah berenang...

Berenang merupakan salah satu olahraga yang banyak menjadi pilihan. Olahraga yang dilakukan di air ini memiliki berbagai manfaat, salah satunya meninggikan badan jika masih di usia pertumbuhan.

Namun tak sedikit yang mengeluhkan jika berenang membuat warna kulit jadi menggelap, padahal meski tak terkena matahari. Kenapa gitu ya?

1 dari 5 halaman

Masalah Kulit

Ilustrasi Kulit KeringIlustrasi Kulit Kering © shutterstock.com/id/g/Aleksandra Suzi

Selain itu, kandungan kaporit ini juga dapat menimbulkan kerusakan pada lapisan kolagen yang bertugas untuk melindungi kulit. Tak jarang, hal ini mengakibatkan kulit jadi kering, kusam atau terasa ketat setelah berenang.

Karena beberapa faktor tersebut, jangan pernah lupa untuk selalu menggunakan sun screen atau sunblock ketika akan berenang ya. Selain itu, jangan lupa juga untuk segera ganti pakaian setelah selesai berenang.

2 dari 5 halaman

Kandungan Kaporit Dalam Kolam

Ilustrasi Wanita BerenangIlustrasi Wanita Berenang © Shutterstock

Dilansir dari doktersehat.com, meski berenang tanpa terpapar sinar matahari hal ini memang tetap dapat menggelapkan kulit. Bukan karena sinar matahari, namun karena bahan kaporit yang kerap dicampurkan ke dalam air kolam renang agar kolam tetap bersih dan jernih.

Meski begitu, kaporit ini memiliki kandungan yang dapat memicu kerusakan pada lapisan kulit. Hal ini akhirnya membuat kulit yang terpapar jadi lebih sensitif, terlebih jika ada paparan dari matahari secara langsung. Hal ini lah yang pada akhirnya membuat kulit jadi menggelap dari sebelumnya.

3 dari 5 halaman

Ilustrasi Memakai PelembapIlustrasi Memakai Pelembap © shutterstock.com/id/g/AndreiDavid

Terus gimana dong biar kulit tetap sehat dan nggak gelap? tenang aja, kamu bisa melakukan cara berikut ini agar kulitmu tetap sehat walau sering berenang. Bisa basah-basahan sepuasnya, hati tenang dan bahagia.

  • Gunakan sunblock tahan air.
  • Mengolesi minyak kelapa.
  • Membilas diri sebeleum berenang.
  • Minum banyak air.
  • Mandi dengan air hangat.
  • Pakailah pelembap.

4 dari 5 halaman

Nah, selain beberap hal di atas yang harus kamu lakukan untuk menghindarkan kulit gelap setelah berenang, ada baiknya kamu memilih waktu tertentu. Waktu yang dimaksud adalah saat cahaya matahari belum terlalu naik atau sudah surut. Kamu bisa memilih waktu pagi hari atau sore hari.

Bila kulit tubuhmu bermasalah atau timbul iritasi bahkan mengelupas, coba tanyakan kepada dokter kulit terdekat ya!

Beri Komentar