Bukannya Sehat, Berhenti Merokok Kenapa Bikin Napas Sesak Ya?

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Kamis, 5 November 2020 18:27
Bukannya Sehat, Berhenti Merokok Kenapa Bikin Napas Sesak Ya?
Ada yang senasib?

Untuk sebagian orang, merokok merupakan hal yang sudah melekat di kehidupannya alias sudah menjadi kebiasaan hidup. Tanpa merokok, hidup jadi gimanaa gitu. Tapi untuk sebagian orang, tentu saja ada yang berniat untuk berhenti merokok, mungkin karena tau efek buruk jangka panjangnya kali ya.

Tapi ternyata, efek samping berhenti merokok itu adalah sesak napas guys! Hmm, kenapa ya kira-kiraa? Melansir dari Hellosehat, ini penjelasannya!

 

1 dari 3 halaman

Ilustrasi sesak napasIlustrasi sesak napas © cdnparenting.com

Jadi gini, rokok itu mengandung berbagai macam kimia yang berhubungan dengan erat dengan pemicu kanker. Sebut saja nikitin, tar, bahkan karbon monoksisa.

Ketika kamu merokok, itu berarti kamu memberikan bahan-bahan kimia itu kepada tubuh, yang padahal tak diperlukan. Jika berhenti merokok, maka bahan kimia di dalam tubuh tersebut bisa menimbulkan beragam reaksi.

 

2 dari 3 halaman

Sehingga, tubuh pun harus melakukan penyesuaian, dan salah satu caranya adalah timbulnya sesak napas. Kenapa sesak napas? Karena, ketika berhenti merokok, itu berarti kamu sedang memulihkan paru-paru. Lendir akan berkurang, tapi efeknya bisa merasa sesak napas, batuk-batuk, bahkan sakit tenggorokan.

Meskipun terbilang bagus, sesak napas karena berhenti merokok gak boleh dianggap remeh. Jika parah, segera pergi ke dokter guys!

 

3 dari 3 halaman

Tapi untuk mengatasinya, bisa dilakukan dengan beberapa cara. Seperti banyak minum air putih, makan makanan bergizi, olahraga yang rajin, dan jauh-jauh dari rokok dan asapnya. Pokoknya, gaya hidup sehat, deh!

Beri Komentar