Bikin Langsing, Kimchi Ternyata Efektif Untuk Turunkan Berat Badan Lho

Reporter : Mutia Wella Lukitasari
Jumat, 8 Januari 2021 08:25
Bikin Langsing, Kimchi Ternyata Efektif Untuk Turunkan Berat Badan Lho
Nggak cuma enak, ternyata kimchi bisa bantu turunkan berat badan.

Kimchi adalah salah satu hidangan Khas Korea yang berasal dari lobak atau sayuran lainnya. Makanan hasil fermentasi yang diberikan campuran bumbu khusus ini biasa disantap dengan memadukan bersama hidangan lain.

Jadi hidangan yang banyak digemari, ternyata Kimchi juga memiliki banyak manfaat lho. Salah satunya adalah untuk menurunkan berat badan.

1 dari 2 halaman

Kandungan Kimchi

Ilustrasi makan kimchiIlustrasi makan kimchi © shutterstock.com

Dilansir dari Healthline.com, Kimchi yang menggunakan sawi putih setidaknya mengandung vitamin A,C, K, B6, 10 jenis mineral berbeda, dan lebih dari 34 asam amino.

Adanya proses lakto-fermentasi pada pembuatan Kimchi, akan menggunakan lactobacillus untuk memecah gula menjadi asam laktat yang kemudian menghasilkan rasa asam pada kimchi.

2 dari 2 halaman

Menurunkan Berat Badan

Ilustrasi KimchiIlustrasi Kimchi © splendidtable.org

Kandungan capsaicin pada cabai membantu meningkatkan metabolisme pada tubuh sehingga mempercepat pembakaran kalori dalam tubuh yang dapat menurunkan berat badan secara lebih efektif.

Dilansir China Daily, kimchi mengandung banyak cabai dan bawang putih, dan sangat sedikit menggunakan garam serta rendah kalori. Surat kabar itu mengutip pernyataan dari laboratorum penelitian Museum Kimchi. Ia juga profesor Departemen Makanan Tradisional di Seoul Heath College.

" Jika seseorang makan beberapa lembar Kimchi setiap makan, itu memungkinkan menurunnya 5 kilogram (sekitar 11 pound) bera tubuhnya dalam sebulan," katanya.

Selama proses fermentasi, asam laktat menekan bakteri buruk dan meningkatkan pengeluaran enzim proteolitik pepsin. Ini membantu melindungi perut dan meredakan masalah konstipasi yang berhubungan dengan obesitas.

Wah ternyata kimchi nggak cuma enak tapi juga efektif untuk menurunkan berat badan ya. Jadi makin doyan nih!

Beri Komentar