Sering Ngorek Kuping Pakai Cotton Bud Itu Bahaya lho!

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Rabu, 6 Januari 2021 16:27
Sering Ngorek Kuping Pakai Cotton Bud Itu Bahaya lho!
Hayo, siapa yang sering gini?

Sebagian besar masyarakat masih berpikiran bahwa telinga yang kotor itu sudah seharusnya dibersihkan, biasanya sih pakai cotton bud. Kalian juga termasuk, nggak? Rata-rata sih bersihin pakai cotton bud-nya sampai ngorek-ngorek ke dalam telinga. Ya, kan?

Ternyata, melansir dari CCN Indonesia, hal tersebut bisa menimbulkan hal fatal buat telinga lho!

1 dari 3 halaman

Wanita Membersihkan TelingaWanita Membersihkan Telinga © Shutterstock

Kamu mungkin akan senang bukan, ketika kotoran akan keluar bersamaan dengan cotton bud setelah mengorek-ngoreknya? Namun ternyata, di waktu yang bersamaan, hal tersebut juga mendorong sisa kotoran yang tidak terangkut oleh cotton bud lebih dalam lagi ke dalam telinga.

Jika hal ini terjadi, bisa-bisa hanya akan menyebabkan penumpukan kotoran di dalam telinga. Kalau dilakukan sering-sering, bayangkan saja, seberapa dalam nantinya kotoran akan menumpuk? Kalau sudah begini, bisa-bisa telinga akan sakit dan pendengaran pun akan berkurang.

 

2 dari 3 halaman

Padahal, sebenarnya kotoran telinga itu bermanfaat untuk kesehatan telinga. Kotoran telinga itu disebut ceruman. Kotoran telinga ini pada dasarnya berguna untuk melindungi dan melembabkan kulit sarulan telinga. Ditambahkan, cerumen ini berguna untuk infeksi yang bisa melukai kulit dan saluran telinga.

Jadi, emang seharusnya kotoran di dalam telinga itu jangan dibersihkan sering-sering, apalagi pakai cotton bud dan benda kecil lainnya. Sebab, telinga itu punya caranya sendiri untuk membersihkan kotoran yang ada di dalam!

 

Beri Komentar