Terbukti Berbahaya, Jamur Enoki Dapat Sebabkan Infeksi Listeria!

Reporter : Mutia Wella Lukitasari
Kamis, 25 Juni 2020 11:25
Terbukti Berbahaya, Jamur Enoki Dapat Sebabkan Infeksi Listeria!
Bagaimana keberadaan jamur enoki di Indonesia?

Beberapa waktu ini Jamur Enoki menjadi salah satu makanan yang cukup digemari. Namun ternyata Jamur Enoki memiliki dampak yang berbahaya.

Munculnya wabah Listeria di Amerika Serikat ternyata berkaitan dengan jamur enoki yang diproduksi Sun Hong Foods dari Korea.

Dikutip dari laman Food and Drug Administration (FDA), publik diminta untuk tidak mengonsumsinya jamur enoki bermerk Sun Hong meski jamur terlihat segar dan tidak busuk.

1 dari 3 halaman

Kasus Kematian Akibat Jamur Enoki

9 Manfaat Jamur Enoki, Biar Kecil Ampuh Lindungi Tubuh dari Kanker Lho9 Manfaat Jamur Enoki, Biar Kecil Ampuh Lindungi Tubuh dari Kanker Lho © © MEN

Dilansir dari CNN.com, pada 11 Maret terdapat 4 orang meninggal dan 30 orang dirawat di rumah sakit yang ternyata disebabkan karena jamur enoki yang mengandung Listeria.

Empat orang meninggal yang diakibatkan karena Listeria berasal dari California, Hawaii dan New Jersey. Berdasarkan data menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC). CDC juga telah mendapat 36 laporan orang yang terinfeksi listeria dari 17 negara lain.

2 dari 3 halaman

Infeksi Listeria

ilustrasi anak sakitilustrasi anak sakit © Delmaine Donson / Getty Images / verywellhealth.com


Bakteri Listeria monocytogenes merupakan suatu organisme yang dapat menyebabkan infeksi cukup serius. Hal ini dapat berakibat fatal pada anak-anak dan juga orang tua yang memiliki sistem imun rendah.

Gejala Listeriosis biasanya dimulai pada 1 hingga 4 minggu setelah terinfeksi ke tubuh. Infeksi penyakit ini dapat diobati dengan perawatan dan antibiotik.

3 dari 3 halaman
Beri Komentar