Jarang Diketahui, Ternyata Ngulet Saat Bangun Tidur Punya Segudang Manfaat!

Reporter : Mutia Wella Lukitasari
Kamis, 25 Juni 2020 09:25
Jarang Diketahui, Ternyata Ngulet Saat Bangun Tidur Punya Segudang Manfaat!
Meski sepele, ternyata manfaatnya luar biasa lho.

Ketika bangun di pagi hari umumnya kita secara reflek akan meregangkan badan atau sering kita sebut dengan ngulet.

Ketika melakukan peregangan ini memang badan jadi lebih ringan dan rileks. Meski terlihat hanya gerakan yang remeh, namun jangan menyepelakannya lho.

Ternyata ngulet punya banyak manfaat bagi kesehatan, dilansir dari berbagai sumber, kita simak yuk!

1 dari 4 halaman

Melemaskan Otot dan Sendi

Ilustrasi StretchingIlustrasi Stretching © unsplash.com/@kikekiks


Setelah bangun tidur, tubuh kita akn jadi terasa kaku dan tegang. Hal ini juga bisa diperparah karena tubuh kurang berolahraga, tidur kurang nyenyak atau pola makan tak seimbang.

Hal ini membuat kita akan semakin bergerak, nah jika sudah begitu, oto dan sendiri secara otomatis akan mengirimkan sinyal ke ottak untuk melakukan peregangan.

2 dari 4 halaman

Meningkatkan Suhu Tubuh


Selama fase tidur, tubuh akan mengalami penurunan suhu mencapai 35 derajat celcius (jika suhu normal 37 derajat celcius).

Nah dengan mengulet, ini dapat seketika meningkatkan suhu tubuh kita lho. Ini enjadi penanda bagi anggota tubuh yang lain untuk waktunya bangun.

3 dari 4 halaman

Melancarkan Peredaran Darah

peregangan atau stretchingperegangan atau stretching © facilethings.com


Ketika tubuh berdiam diri untuk waktu yang lama seperti saat tidur, hal ini akan membuat peredaran darah jadi terhambat. Biasanya ketika bangun tidur, cairan dalam tubuh akan mengumpul di area punggung.

Nah dengan melakukan peregangan, darah yang tadinya terhambat dapat kembali menyebar secara merata lho. Karena itu lah kamu merasa lebih segar setelah ngulet, karena otot dan otak kembali mendapat aliran oksigen yang cukup.

4 dari 4 halaman

Melepas Stres


Ternyata saat mengulet, tubuh akan memproduksi zat endorfin. Ini merupakan zat yang memicu perasaan senang dan bahagia, karena itulah peregangan bisa membuat kita mengusir stress atau ketegangan.

Nah jadi nggak usah ragu-ragu lagi ya, biasakan untuk melakukan peregangan tiap bangun tidur supaya kamu lebih semangat dan sehat!

Beri Komentar