Bayam Mengandung Vitamin Apa Saja? Simak Juga Manfaatnya untuk Kesehatan yang Luar Biasa

Reporter : Arif Mashudi
Sabtu, 2 Maret 2024 15:30
Bayam Mengandung Vitamin Apa Saja? Simak Juga Manfaatnya untuk Kesehatan yang Luar Biasa
Bayam mengandung vitamin A, C, kalium, kalsium, dan masih banyak lagi~

Sebagai orang Indonesia, kita sudah pasti akrab betul dengan bayam. Sayuran hijau yang mudah ditanam dan punya segudang manfaat untuk kesehatan. Cara mengolah bahan makanan ini juga sangat mudah dan cepat.

Bayam sendiri adalah sayuran yang kaya akan vitamin dan mineral. Beberapa di antaranya seperti vitamin A, vitamin C, folat, dan magnesium. Tentunya masih banyak kandungan gizi yang terdapat dalam tanaman satu ini.

Diadona telah merangkum berbagai kandungan gizi dalam bayam, manfaatnya buat kesehatan tubuh, serta cara mengilahnya yang enak. Jadi, langsung saja simak artikel di bawah ini sampai habis ya!

1 dari 6 halaman

Ilustrasi Bayam © Diadona© Shutterstock.com

Kandungan Gizi Bayam

Nggak perlu basa-basi lagi, bayam memanglah mengandung berbagai protein, karbohidrat, vitamin, mineral, dan lemak di dalamnya. Hal ini sesuai dengan catatan Kementerian Kesehatan RI, dalam 100 gram tanaman bayam yang masih mentah itu antalain mengandung gizi sebagai berikut:

  • Air : 94,5 gram
  • Protein : 3,5 gram
  • Karbohidrat : 6,5 gram
  • Kalsium : 166 miligram (mg)
  • Energi : 36 Kalori (Kal)
  • Serat : 0,7 gram
  • Fosfor : 76 mg
  • Natrium : 16 mg
  • Kalsium : 265 mg
  • Zat besi : 3,5 mg
  • Lemak: 0,4 gram
  • Abu : 1,3 g
  • Vitamin A : 6.090 S.I
  • Zinc (seng) : 0,4 mg
  • Vitamin C : 80 mg
  • Beta karoten : 2,699 mcg
  • Thiamin (vitamin B1) : 0,04 mg
  • Kalium : 456,4 mg
  • Niacin : 1 mg
  • Riboflavin (vitamin B2) : 0,10 mg

Dengan berbagai kandungan gizi tersebut, sudah barang tentu kalau bayam sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan gizi harian tubuh. Pun, manfaatnya untuk kesehatan juga istimewa.

2 dari 6 halaman

Ilustrasi Bayam © Diadona© Shutterstock.com

Manfaat Bayam untuk Kesehatan

Melansir dari Halodoc, bayam memanglah memili beragam manfaat untuk kesehatan tubuh. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa kamu dpaatkan dari bayam ini.

Meningkatkan kesehatan kulit

Pertama, bayam mengandung vitamin C yang baik untuk menjaga produksi kolagen. Ketika kolagen terpelihara dengan baik, maka kulit akan menjadi lebih sehat. Kamu akan terhindar dari berbagai gangguan kulit akibat kerusakan kolagen, seperti kulit kusam hingga kulit yang mengendur.

Menjaga kesehatan tulang

Kemudian bayam juga kaya akan vitamin K, sehingga memiliki potensi untuk menjaga kesehatan tulang. Vitamin K berperan penting dalam sejumlah fungsi tubuh. Mulai dari bertindak sebagai pengubah protein matriks tulang, meningkatkan penyerapan kalsium, dan mengurangi jumlah kalsium yang keluar dari tubuh dalam urine.

Menjaga kesehatan mata

Selain itu, bayam juga punya kandungan lutein dan zeaxanthin. Kedua kandungan tersebut juga terdapat dalam pigmen mata manusia. Ini berfungsi untuk melindungi mata dari paparan sinar matahari agar tidak menyebabkan kerusakan. Lalu, lutein dan zeaxanthin juga berfungsi untuk menurunkan risiko penyakit mata, seperti degenerasi makula dan katarak.

Menurunkan berat badan

Nah ini yang jarang diketahui nih, jadi bayam ini juga efektif menurunkan berat badan berlebih loh. Sayuran ini bisa membantu kamu menurunkan berat badan karena kandungan kalori yang rendah. Selain itu, serat dalam sayuran ini juga membantu kamu merasakan kenyang lebih lama dan mengontrol nafsu makan menjadi lebih baik.

3 dari 6 halaman

Menjaga tekanan darah

Lanjut ya, bayam juga miliki kandungan nitrat yang berfungsi mengontrol tekanan darah sehingga kamu akan terhindar dari berbagai gangguan jantung. Jadi, tidak ada salahnya mencoba untuk mengonsumsinya secara teratur, agar kondisi kesehatan jantung tetap terjaga dengan baik.

Mengoptimalkan kesehatan rambut

Rambut juga akan menjadi lebih bagus kalaukamu mengkonsumsi bayam secara rutin. Hal ini dikarenakan bayam punya kandungan vitamin A yang cukup. Jadi, kandungan ini dapat memoderasi produksi minyak di pori-pori kulit dan folikel rambut. Ketika folikel rambut menjadi lebih sehat, pertumbuhan rambut akan menjadi lebih sehat.

Menurunkan risiko kanker

Terakhir yang cukup penting juga nih, Bayam memiliki banyak kandungan yang mampu menurunkan dan mencegah risiko kanker, salah satunya antioksidan. Melansir dari jurnal Archives of Biochemistry and Biophysics, bayam mengandung antioksidan yang mampu mencegah munculnya kerusakan jaringan sel pemicu kanker.

4 dari 6 halaman

Resep Olahan Bayam

Pada dasarnya, cara mengolah bayam sangatlah mudah. Kamunggak memerlukan banyak bumbu ataupun cara memasak yang rumit. Cukup dibuat sayur bening atau tumis sudah sangat enak kok. Berikut ini adalah beberapa resep olahan bayam yang bisa kamu coba.

Ilustrasi Bayam © Diadona© Shutterstock.com

Sayur Bayam Sederhana

Bahan:

2 ikat bayam
1 bonggol jagung manis
1 buah tomat (opsional)
3 siung bawang putih
800 ml air
Secukupnya garam, kaldu jamur, merica
2 sdm minyak untuk menumis

Cara membuat:

Nyalakan kompor dengan api sedang, lalu panaskan minyak untuk menumis bawang putih yang telah dicincang halus.
Setelah bawang putih mulai harum, tambahkan 800 ml air matang. Lalu, tunggu sampai mendidih.
Sambil menunggu, serut jagung dari bonggol dan masukkan ke dalam air. Kamu bisa menunggu sampai jagung menjadi setengah matang.
Lalu, masukkan bayam yang sudah dibersihkan ke dalam panci.
Tambahkan tomat (opsional), garam, merica, dan kaldu jamur. Tomat dapat memberikan rasa asam yang lebih nikmat.
Bila sudah, kamu bisa mengoreksi rasa. Jika sudah pas, tunggu sampai bayam terlihat layu dan jagung empuk.
Terakhir, kamu bisa mengangkat dan hidangkan sup bayam jagung di atas mangkuk.

5 dari 6 halaman

Ilustrasi Bayam © Diadona© Shutterstock.com

Tumis Bayam Sederhana

Bahan:

2 ikat bayam. Petik daunnya, potong batang mudanya
3 siung bawang putih. Memarkan. Cincang kasar
3 siung bawang merah. Cincang kasar
200 ml kaldu ayam cair
Lada dan garam
Minyak goreng untuk menumis

Cara Membuat:

Cuci bersih bayam. Tiriskan. Sisihkan
Panaskan wajan. Masukkan minyak. Tumis duo bawang hingga harum.
Masukkan bayam, tumis hingga layu. Masukkan kaldu ayam cair, didihkan. Koreksi rasa dgn lada dan garam. Matikan api agar bayam tidak terlalu matang.
Sajikan hangat

Jadi itu ya Diazens beberapa bitamin atau kandungan gizi di dalam bayam. Nggak lupa juga manfaatnya busat kesehatan serta cara mengolahnya yang sangat mudah. Semoga bermanfaat ya!

Beri Komentar