Batal Tidur Karena Main Handphone, Sering Begini Ternyata Bahaya

Reporter : Mutia Wella Lukitasari
Selasa, 4 Februari 2020 17:30
Batal Tidur Karena Main Handphone, Sering Begini Ternyata Bahaya
Kebiasaan main handphone sebelum tidur ternyata bisa menimbulkan penyakit.

Handphone (HP) atau smarthphone saat ini adalah benda yang selalu ada disekitar atau bahkan di genggaman. Bahkan saya merasa ketika hendak ke kamar kecil, sedang makan hingga akan tidurpun seringkali terpaku dengan HP hingga lupa waktu.

Baik itu membaca berita, membalas chat, explore instagram atau sekedar melihat video-video lucu di twitter. Semua ini sering dilakukan sebelum tidur.

Main HP sebelum tidur karena "belum ngantuk" pikir saya. Apa kamu juga sering begitu?

1 dari 7 halaman

Namun ternyata kebiasaan ini nggak baik buat tubuh. Dilansir dari health.clevelandclinic.org, Dokter Spesialis gangguan tidur, Harnet Walia, MD, menghimbau kita agar tidak melakukan kebiasaan ini. Terlebih jika kamu melakukannya dalam kondisi lampu yang sudah dimatikan. Jika dilakukan secara terus menerus, kebiasaan ini dapat memicu tubuhmu mengalami hal-hal berikut ini.

2 dari 7 halaman

1. Pikiran Secara Psikologi Tetap Terjaga

Ilustrasi Wanita Susah Tidur © Diadona


Handphone atau smarthphone dirancang untuk dapat membuat kita sebagai pengguna jadi lebih produktif dan juga mempermudah kita. Selain mendapatkan informasi, sering kali fungsi utama dari smartphone kita adalah untuk entertaiment.

Namun ternyata, ketika hal-hal ini dilakukan sebelum tidur justru memicu otak sehingga tetap aktif. Padahal saat tidur adalah waktu bagi otak agar beristirahat. Akibatnya, ketika kamu terbangun pun otak secara langsung akan memintamu untuk segera kembali membuka handphone.

3 dari 7 halaman

2. Merusak Retina Mata

ilustrasi wanita sedih © Diadona


Handphone mengeluarkan cahaya biru yang dapat merusak retina. Menurut American Mascular Degeneration Association, cahaya biru ini dapat menyebabkan kerusakan pada retina yang permanen dan degenerasi makula.

4 dari 7 halaman

3. Mempengaruhi Durasi Tidur

Ilustrasi Bangun Tidur © Diadona

Tidak hanya merusak mata, cahaya biru dari handphone juga berpengaruh pada otak. Menurut Dokter Walia, mata yang terus menerus terkena ccahaya biru dari handphone secara tidak langsung akan menekan hormon milotonin.

Hormon milotonin adalah hormon yang mengendalikan siklus bangun tidur. Jadi ketika di hari berikutnya kita tidak memiliki tenaga, tubuh jadi lebih mudah kelelahan, anxiety hingga membuatmu insomnia.

5 dari 7 halaman

4. Meningkatkan Resiko Kanker

ilustrasi wanita menutup muka © Diadona


The World Health Association menyatakan jika penggunaan smarthphone dapat memicu kanker karena adanya pancaran radiasi elektromagnetik. Salah satunya adalah kanker prostat, yang mana kanker ini disebabkan karenya cahaya biru yang muncul dari smarthphone.

6 dari 7 halaman

5. Membuat Mata Jadi Tegang

Ilustrasi Mata Cantik © Diadona


Melihat cahaya biru dari handphone ketika gelap ternyata akan membuat mata kita jadi tegang dan sakit. Hal ini karena mata kita hanya mendapat cahaya dari satu titik saja, yaitu handphone.

7 dari 7 halaman

Jadi bagaimana?

Smarthphone memiliki banyak manfaat untuk kita, dan harusnya kita dapat menggunakannya dengan benar agar tak merugikan tubuh.

Dokter Walia menyarankan agar kita menghindari penggunaan handphone 30 menit hingga 1 jam sebelum tidur. Namun tentunya tidak hanya handphone, kamu juga perlu menghindari layar-layar lain seperti TV, Tablet ataupun laptop.

Bisa nggak ya? Harus bisa dong. Karena hal-hal yang dapat ditimbulkan akibat main handphone sebelum tidur di atas, tentu tidak terjadi dalam satu atau dua hari, melainkan proses yang panjang.

Jadi agar tidak sakit di kemudian hari, kita berhenti main handphone sebelum tidur yuk!

Beri Komentar