Jarang Diperhatikan, Ini 6 Kesalahan saat Mencuci Tangan yang Sering Dilakukan

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Senin, 4 Oktober 2021 15:27
Jarang Diperhatikan, Ini 6 Kesalahan saat Mencuci Tangan yang Sering Dilakukan
Siapa nih yang asal nyuci tangannya~

Selama pandemi, kita selalu diajarkan untuk menjaga kebersihan demi kesehatan bersama. Salah satunya adalah dengan mencuci tangan ketika hendak atau selesai bepergian.

Namun sayangnya, meskipun pandemi sudah lama berjalan, masih banyak di antara kita yang mencuci tangan asal-asalan alias tidak bersungguh-sungguh. Melansir dari Times of India via Merdeka.com, ini 6 kesalahan yang sering dilakukan saat mencuci tangan.

 

1 dari 7 halaman

Asal Cuci Tangan

Ilustrasi Wanita Mencuci Tangan © Diadona

Banyak orang yang asal mencuci tangan dengan mencuci sekadarnya. Misalnya dengan mencuci telapak tangan saja langsung ditinggal pergi tanpa diperhatikan detail lebih jauh. Padahal, mencuci tangan dengan seksama itu penting, seperti bagian bawah kuku atau di ruas-ruas jari.

2 dari 7 halaman

Terlalu Cepat

Ilustrasi Wanita Mencuci Tangan © Diadona

Udah asal-asalan, cuci tangannya juga cepat banget, udah kayak bukan cuci tangan malah. Padahal, disarankan untuk mencuci tangan selama 20 detik agar kuman dan bakteri benar-benar hilang. Sedangkan rata-rata kita mencuci tangan sebentar banget, cuma 6 detik.

 

3 dari 7 halaman

Hanya Cuci Tangan setelah dari Toilet

Masih banyak di antara kita yang terbiasa mencuci tangan hanya ketika menggunakan kamar mandi atau toilet. Padahal, setiap yang kita sentuh bisa berpotensi terkena kuman dan bakteri. Jangan hanya setelah dari toilet, kalau bisa cuci tangan secara teratur, terutama ketika ada perubahan musim.

 

4 dari 7 halaman

Tangan Kurang Kering

Ilustrasi Wanita Mencuci Tangan © Diadona

Membiasakan mencuci tangan sudah, mencuci tangan dengan seksama sudah, namun yang sering terlewat juga adalah tangan sering tidak kering alias masih dalam keadaan lembab. Padahal ketika tangan masih lembab, hal tersebut bisa menyebabkan kuman untuk muncul lagi dan bertahan di tangan.

5 dari 7 halaman

Sabun dari Wadah Isi Ulang

Ilustrasi Wanita Mencuci Tangan © Diadona

Kalian tahu dispenser sabun cair? Ya, wadah ini memang menguntungkan karena sabun jadi bisa disi ulang. Namun dengan penggunaan wadah tersebut, apalagi jarang dibersihkan, bisa menyebabkan bakteri dan kuman berpindah ke tangan. Jadi, lebih baik emang bawa sabun sendiri, sih.

 

6 dari 7 halaman

Sentuh Barang Lain Lagi

Habis cuci tangan, usahakan jangan langsung sentuh barang lain lagi. Sebab hal itu bisa jadi tindakan yang sia-sia setelah kamu cuci tangan. Setelah cuci tangan misalnya, jangan langsung mematikan kran dengan telapak tangan. Kamu bisa menggunakannya dengan siku.

Beri Komentar