Banyak Berkeringat Saat Olahraga Berarti Lemak di Tubuh Udah Terbakar, Benarkah?

Reporter : Anif Fathul Amin
Jumat, 22 Oktober 2021 17:03
Banyak Berkeringat Saat Olahraga Berarti Lemak di Tubuh Udah Terbakar, Benarkah?
Begini lho ternyata.....

Olahraga memiliki banyak manfaat bagi tubuh, baik fisik ataupun mental. Karena itu banyak yang memilih melakukan olahraga untuk menurunkan berat badan. Tapi tak sedikit juga nih yang salah kaprah karena mengira jika semakin banyak keringat yang dikeluarkan saat olahraga, berbanding lurus dengan jumlah lemak yang di keluarkan.

1 dari 5 halaman

Ilustrasi Olahraga LariIlustrasi Olahraga Lari © 2019 https://www.diadona.id/@popsugar

Padahal faktanya tidak seperti itu lho. Menjurut praktisi kesehatan dr. Boy Abidin, fungsi keringat sebenarnya untuk mempertahankan suhu tubuh tetap stabil selama berolahraga. Pembakaran lemak terjadi lebih karena disebabkan aktivitas kardiovaskular yang bisa meningkatkan denyut jantung.

" Keringat yang untuk membakar lemak adalah keringat yang terproduksi kalau melakukan aktivitas kardiovaskular, artinya melakukan olahraga, aktivitas fisik yang membuat jantung kita berdenyut cukup kuat," terang dokter Boy Abidin dalam webinar bersama Lifebouy dan PSSI.

2 dari 5 halaman

Ketika denyut jantung meningkat saat berolahraga, sirkulasi darah lancar dan meningkatkan suhu tubuh. Setelah itu, terjadi mekanisme keluarnya keringat untuk menahan suhu tubuh tidak terlalu panas.

" Makanya saat olahraga, kita juga harus cukup minum, itu tujuannya supaya tidak dehidrasi," lanjut dokter Boy.

3 dari 5 halaman

Ilustrasi Olahraga PlankIlustrasi Olahraga Plank © 2020 https://rawpixel.com/

Keringat tidak menjadi indikator banyaknya lemak yang terbakar dalam tubuh selama berolahraga. Faktor yang mempengaruhi pembakaran lemak justru tergantung dari frekuensi dan intensitas olahraga yang dilakukan.

" Yang terpenting itu frekuensi, intensitas dan durasi harus diperhatikan dalam berolahraga. Kalau bisa pilih gerakan olahraga yang cukup intens tapi juga jangan terlalu berlebihan. Untuk durasi, minimal 30 menit dan frekusensinya juga harus konsisten. Kalau bisa dilakukan setiap hari, tapi kalau belum terbiasa bisa dilakukan seminggu tiga kali," jelasnya.

4 dari 5 halaman

Ilustrasi OlahragaIlustrasi Olahraga © orthology.com

Terus kira-kira gimana ya kalau kita ingin membakar lemak lebih banyak?

Orang yang teratur berolahraga dan menerapkan pola hidup sehat cenderung akan berkeringat lebih banyak daripada yang tidak. Oleh sebab itu orang yang sering berolahraga cenderung memiliki berat badan yang ideal. Karena pembakaran kalori yang berulang-ulang akan menimbulkan penurunan berat badan, meski tidak menghilangkan lemak di tubuh.

5 dari 5 halaman
Beri Komentar