Baca Buku Sambil Tiduran Bahaya untuk Mata, Mitos atau Fakta?

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Selasa, 9 Februari 2021 15:27
Baca Buku Sambil Tiduran Bahaya untuk Mata, Mitos atau Fakta?
Orangtua selalu mengajarkan hal ini

Sejak kecil, kita diajarkan oleh orangtua, bahkan banyak orang, bahkan kalau membaca buku jangan sambil tidun (tengkurap). Sebab nanti bisa-bisa menyebabkan hal yang berbahaya untuk mata, yaitu minus.

Meskipun wejangan ini sudah ada secara turun-menurun, benarkan baca sambil tiduran itu bahaya buat mata?

 

1 dari 3 halaman

Ilustrasi anak membaca sambil tiduran © Diadona

Ternyata, melansir dari Kompas.com, di dalam buku Kontroversi 1010 Mitos Kesehatan (2012) milik dr. Florentina R. Wahjuni, memang benar baca sambil tiduran bisa bahaya buat mata. Hal ini dikarenakan jarak baca yang cenderung dekat karena aktivitas tersebut.

Ketika mata dipaksa fokus dalam jarak yang tidak ideal, mata akan cepat lelah. Jika dilakuakn terus-menerus, bisa-bisa menyebabkan rabun jauh. Karena poinnya di sini adalah jarak, jadi tak hanya baca sambil tiduran saja sebenarnya. Jika baca dengan jarak kurang dari 30 cm sambil duduk atau berdiripun juga bisa mneyebabkan mata lelah dan menyebabkan rabun jauh.

 

2 dari 3 halaman

Jadi, cara membaca buku yang ideal tentu lebih dari 30 cm. Namun, bisa saja seseorang memang nyamannya sambil tiduran kalau baca buku. Yah gimana lagi, tapi ada beberapa cara yang bisa disiasati.

Dr. Florentina mengatakan bahwa jika kamu baca sambil tiduran dan kemudian merasa mata lelah serta ngantuk, lebih baik langsung hentikan bacaan tersebut dan istirahat. Jika dipaksakan, malah berdampak buruk.

" Apabila Anda mengantuk, istirahatkan mata atau tiduralah," tulis dr. Florentina.

Selain itu, arahkan juga penerangan ke buku atau tulisan yang sedang dibaca ya, agar kamu bisa membaca bacaanmu dengan mudah dan jelas tanpa susah payah. Jangan malah mengarahkan penerangan ke wajah, bisa-bisa mata jadi silau dan kepala pusing. Kamu mau selfie atau baca buku?

 

Beri Komentar