Aphasia Buat Bruce Willis Pensiun Akting, Kondisi Apa Ini?

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Kamis, 31 Maret 2022 11:55
Aphasia Buat Bruce Willis Pensiun Akting, Kondisi Apa Ini?
Kondisi ini membuat Bruce Willis memutuskan untuk megharuskan pensiun dari dunia akting.

Bruce Willis membuat keputusan untuk pensiun di dunia akting sepenuhnya di usia 67 tahun. Bruce Willis tengah bergelut dengan masalah kesehatan yang disebut dengan Aphasia. Pihak keluarga menyampaikannya demikian.

Lantas apa sih aphasia, kondisi kesehatan yang diidap oleh Bruce Willis ini?

1 dari 4 halaman

Aphasia, Apa itu?

Aphasia merupakan sebuah kondisi di mana seseorang mengalami gangguan komunikasi. Yang bersangkutan jadi sulit untuk berbicara, berbahasa, menulis dan membaca.

Umumnya aphasia disebabkan oleh kerusakan otak. Bisa terjadi secara tiba-tiba seperti stroke atau cedera kepala. Bisa juga terjadi karena penyakit otak yang lambat, progresif alias bertahap.

2 dari 4 halaman

Aphasia pada dasarnya bisa menyerang orang dengan umur berapa saja. Namun aphasia seringnya terjadi pada mereka yang umurnya di atas 65 tahun, seperti Bruce Willis, karena berisiko penyakit sistem saraf progresif dan stroke.

Gejala-gejala pengidap aphasia bisa berupa pendek dalam berbicara, kalimat yang diomongkan tak masuk akal, kata-kata terdengar asing, tidak paham omongan orang. Ketika merangkai kata, baik lisan maupun verbal, sering salah.

3 dari 4 halaman

Adapun penyebab aphasia utamanya adalah karena kerusakan pad abagian otak. Kerusakan otak sendiri bisa terjadi karena stroke, cedera kepala parah, tumor otak, infeksi otak, dan kondisi neurologis progesif.

Itulah informasi umum kondisi aphasia yang diderita Bruce Willis. Sayang sekali Bruce Willis sudah mundur dari dunia akting. Semua karya-karyanya pasti akan selalu dikenang.

Beri Komentar