Alasan Pria Dapat Berlari Lebih Cepat Dari Wanita

Reporter : Yoyok
Senin, 27 Januari 2020 03:00
Alasan Pria Dapat Berlari Lebih Cepat Dari Wanita
Berikut ini penjelasan logis dari fakta tersebut.

Lari merupakan olahraga yang dapat dilakukan oleh pria maupun wanita.

Tetapi, pernahkah kamu berpikir mengapa pria dapat berlari lebih cepat dari wanita? Bahkan jika pria dan wanita tersebut melakukan latihan yang sama dan makan makanan yang sama, tetap saja kecepatan lari pria lebih dari wanita.

Ternyata, dalam fakta tersebut tidak ada unsur kekuatan di dalamnya. Ada dua faktor yang menyebabkan pria dapat berlari lebih cepat dari wanita, hormon dan ukuran tubuh.

1 dari 3 halaman

Perbedaan yang paling utama adalah hormon. Pria dan wanita sebelum mencapai masa pubertas, besar tubuh mereka hampir mirip. Ketika memasuki usia dewasa, jumlah hormon testosteron pada pria 20 kali lip[at dari jumlah hormon testosteron perempuan.

Hormon tersebut yang bertanggung jawab untuk pertumbuhan sel darah baru dalam tubuh serta membantu menjaga tulang dan otot tetap kuat. Karena wanita lebih sedikit menghasilkan testosteron, maka mereka memiliki massa otot yang lebih sedikit dari pada pria.

2 dari 3 halaman

Faktor kedua yaitu ukuran tubuh. Kaki pria memiliki otot 80 persen lebih banyak dari pada kaki pria. Tidak hanya itu, paru-paru dan hati wanita tidak dapat memompa oksigen sebanyak milik pria.

3 dari 3 halaman

Tetapi, bukan berarti wanita akan selalu kalah dalam hal olahraga. Ada juga olahraga yang tidak mengandalkan kekuatan otot dalam melakukannya.

Beri Komentar