Agar Perjalanan Lancar, Ini 7 Tips Mencegah Mabuk Darat saat Mudik

Reporter : Mila
Kamis, 28 April 2022 07:57
Agar Perjalanan Lancar, Ini 7 Tips Mencegah Mabuk Darat saat Mudik
Lebih baik dicegah ya.

Sudah mempersiapkan segala hal untuk mudik menuju kampung halaman, tapi semuanya bisa dikacaukan oleh satu hal: mabuk darat. Rasanya sudah campur aduk, antara mual dan pusing pada saat yang sama.

Nah, sebelum terjadi, yuk persiapkan diri untuk menghindari mabuk darat dengan tips berikut ini!

1 dari 8 halaman

Perhatikan Apa yang Dikonsumsi Sebelum Perjalanan

Beberapa makanan atau minuman bisa memicu mabuk darat. Hindari susu dan produk olahannya, seperti keju atau krim, karena bisa menyebabkan kembung, mual dan menimbulkan perasaan tidak nyaman pada perut saat perjalanan.

Tidak hanya itu, gorengan, daging-dagingan, hingga alkohol tidak direkomendasikan untuk dikonsumsi. Makanan yang berat, pedas, dan tinggi lemak juga bisa memperburuk mabuk perjalanan pada beberapa orang.

2 dari 8 halaman

Pilih Tempat Duduk yang Tepat

Pemilihan tempat duduk bisa mencegahmu dari mabuk darat. Pilih tempat duduk yang relatif stabil, sehingga bisa meminimalkan guncangan yang bisa menyebabkan perut mual.

Kalau mudik dengan mobil, pilih tempat di samping kursi pengemudi atau setidaknya di tengah, karena guncangan lebih berefek pada penumpang di kursi belakang.

Kalau naik bus, pilihlah tempat duduk di bagian depan. Menggunakan kereta api pun sama, pilih duduk menghadap depan, ke arah yang dilalui kereta api atau di samping jendela. Intinya, pilih tempat yang guncangannya paling sedikit dan stabil.

3 dari 8 halaman

Pandangan ke Depan

Selama perjalanan, jangan terlalu sering melihat ke samping karena bisa membuat kita pusing, yang diakibatkan bayangan di jendela berkelebat terlalu cepat dan mengacaukan otak. 

Untuk mencegah mabuk darat, usahakan untuk melihat ke arah depan, jangan membungkuk ke bawah untuk membaca atau memainkan gadget. Mungkin terasa membosankan, tetapi hal ini bisa kamu atasi dengan tidur atau mendengarkan musik dengan mata terpejam.

4 dari 8 halaman

Buka Jendela

Ada beberapa orang yang tidak tahan dengan udara dari AC mobil, sehingga paparannya membuatnya mual dan muntah. Sirkulasi udara yang tak lancar bisa membuat perut kita tak nyaman. Solusinya, buka sedikit jendela mobil untuk mendapatkan udara segar.

Kalau naik bus, tutup udara dari AC yang berada di atas kita untuk mengurangi perasaan tidak nyaman itu.

5 dari 8 halaman

Minum Obat Mabuk

Cara paling efektif adalah dengan meminum obat anti mabuk perjalanan. Misalnya, obat dengan kandungan dimenhydrinate yang biisa mencegah gejala mabuk darat, seperti pusing, mual dan muntah. Obat ini bekerja dengan cara memblokir senyawa histamin, pemicu gejala mabuk perjalanan.

Kamu juga bisa menggunakan obat lainnya yang punya kandungan antidopaminergikdiazepamscopolamineephedrine dan lain sebagainya. Tapi, perlu dicatat bahwa obat-obatan ini memiliki efek samping, yaitu timbulnya rasa kantuk setelah dikonsumsi.

6 dari 8 halaman

Hindari Orang yang Juga Mual

Meskipun terdengar jahat, kita perlu menjaga jarak dengan orang yang sudah terkena mabuk darat. Hal ini karena mabuk darat itu bisa menular. Melansir Cleveland Clinic, hanya dengan melihat dan mencium aroma muntah, bisa membuat perut kita bergejolak dan akhirnya memicu kita untuk mual dan muntah juga.

7 dari 8 halaman

Pakai Minyak Kayu Putih

Sudah dari dulu minyak kayu putih dikenal sebagai penghalau gejala mabuk darat. Minyak kayu putih adalah salah satu essential oil yang bisa meredakan mabuk perjalanan.

Sebelum memulai perjalanan panjang, oleskan minyak kayu putih di beberapa titik. Misalnya, di bagian perut atau leher. Ini bisa membuat tubuh lebih hangat, nyaman dan relaks, sehingga bisa terhindar dari mabuk darat selama perjalanan berlangsung.

Beri Komentar