9 Penyebab Penyakit Jantung Koroner, Lemah dan Bawaan yang Wajib Kamu Waspadai

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Rabu, 29 Juli 2020 22:14
9 Penyebab Penyakit Jantung Koroner, Lemah dan Bawaan yang Wajib Kamu Waspadai
Sebagai penyakit yang paling mematikan di dunia, salah banget kalau kamu masih bekum tahu apa penyebab penyakit jantung ini.

Penyakit ini kerap menyerang orang dewasa tua dan jadi salah satu pemicu tertinggi kematian di dunia. Mengenali penyebab penyakit jantung adalah upaya pencegahan dan hidup yang lebih sehat.

Penyakit jantung sendiri dibagi menjadi beberapa jenis, diantaranya penaykit jantung koroner dan penyakit jantung bawaan. Kelai penyebab penyakit jantung ini yuk!

1 dari 4 halaman

Penyebab Penyakit Jantung Koroner

Penyebab Penyakit JantungPenyebab Penyakit Jantung © 2020 shutterstock.com/airdone

Sering dengar tentang penyakit jantung koroner, bukan? Disebut dengan penyakit arteri koroner, berkembang ketika pembuluh darah yang mengalirkan oksigen ke jantung mengalami penyempitan.

Penyebab penyempitan ini ketika ada kolesterol yang menumpuk di di dinding arteri dan menciptakan plak. Nah, plak ini lho yang membuat arteri jadi menyempit dan mengurangi aliran darah ke jantung. Nggak jarang gumpalan kolesterol ini menghambat aliran darah dan menyebabkan masalah kesehatan yang serius.

Dikutip dari Medical News Today, arteri koroner membentuk jaringan pembuluh darah di permukaan jantung. Kalau arteri ini menyempit, jantung mungkin nggak menerima cukup darah kaya oksigen, terutama selama aktivitas fisik. Akibatnya, terjadi serangan jantung.

Penyebab penyakit jantung koroner yakni ketika adanya cedera atau kerusakan pada lapisan dalam arteri koroner. Kerusakan ini menyebabkan timbunan lemak dari plak menumpuk di lokasi cedera.

Nah, penumpukan ini disebut dengan aterosklerosis, terdiri dari kolesterol dan produk limbah lainnya. Lalu penyebab penyakit jantung koroner karena cedera tersebut bisa karena:

Merokok

Meski bukan penyebab penyakit jantung koroner secara langsung, namun merokok adalah faktor risiko utamanya. Baik nikotin dan karbon monoksida (dari asap) memberi tekanan pada jantung dengan membuatnya bekerja lebih cepat.

Bahan kimia lain dalam asap rokok dapat merusak lapisan arteri koroner, yang menyebabkan timbulnya plak.

Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi jadi penyebab penyakit jantung koroner karena tekanan ini memberi kekuatan tambahan pada dinding arteri . Seiring waktu, tekanan ekstra ini dapat merusak arteri, membuatnya lebih rentan terhadap penumpukan plak.

Kolesterol Tinggi

Kolesterol adalah lemak yang dibuat oleh hati dari lemak jenuh dalam makanan. Kolesterol ini sebenarnya penting untuk sel-sel sehat, tapi kalau jumlahnya terlalu banyak bisa jadi penyebab penyakit jantung koroner.

Saat kolesterol terlalu banyak ada dalam darah, maka bakalan menumpuk di dinding arteri. Arteri menjadi menyempit dan aliran darah ke otot jantung melambat atau tersumbat.

Diabetes

Orang dengan diabetes punya risiko dua kali lipat terkena penyakit jantung koroner. Diabetes bisa jadi penyebab penyakit jantung koroner karena dapat menyebabkan lapisan pembuluh darah menjadi lebih tebal, yang dapat membatasi aliran darah.

Gaya Hidup Tidak Aktif

Sebuah penelitian membuktikan kalau sebanyak 37 persen kematian karena penyakit jantung koroner disebabkan oleh kurangnya olahraga. Sedangkan proporsi kedua terjadi karena tingginya kolesterol.

Trombosis

Yakni gumpalan darah di pembuluh darah atau arteri. Kalau ini terjadi di arteri koroner, maka bisa menghambat pasokan darah mencapai otot jantung, dan mengarah sebagai penyebab penyakit jantung koroner.

2 dari 4 halaman

Apa Penyebab Penyakit Jantung?

Penyebab Penyakit JantungPenyebab Penyakit Jantung © 2020 shutterstock.com/michaelheim

Mengenali apa sih penyebab penyakit jantung penting banget untuk menjaga diri dan keluarga dari penyakit berbahaya ini.

Ini karena mengacu pada data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2018, angka kejadian penyakit jantung dan pembuluh darah semakin meningkat dari tahun ke tahun. Tercatat sekitar 15 dari seribu orang di Indonesia menderita penyakit ini. Dan menurut WHO, penyakit jantung merupakan penyebab kematian terbesar di Indonesia.

Penyebab penyakit jantung secara umum antara lain:

Komplikasi Aterosklerosis

Kayak yang udah Diadona bahas di atas bahwa sala satu penyebab penaykti jantung koroner yakni karena penyempitan atau penyerasan pembuluh arteri akibat penumpukan plak pada dinding pembuluh darah. Kondisi inilah yang disebut dengan aterosklerosis.

Kerusakan Sistem Peredaran Darah

Keruskaan sistem peredaran darah yang jaid penyebab penaykit jantung ini bisa diawali dari pennyakit diabetes, kondisi kesehatan lainnya seperti virus, proses peradangan seperti miokarditis, atau masalah struktural yang muncul sejak lahir pada penyakit jantung bawaan

Tekanan Darah Tinggi

Penyebab penyakit jantung ini sudah banyak diketahui secara umum, kan? Sayangnya masih banyak yang terlewat karena seringnya nggak menunjukkan adanya gejala.

3 dari 4 halaman

Penyebab Penyakit Jantung Lemah

Penyebab Penyakit JantungPenyebab Penyakit Jantung © 2020 shutterstock.com/Luis Molinero

Penyakit jantung lemah terjadi ketika otot jantung jadi lemah atau ada masalah pafa strukturnya. Seringkali penyebab penyakit jantung lemah ini nggak diketahui. Pada beberapa orang, kondisi ini diwariskan dari orang tuanya. 

Ada beberapa faktor yang berkontribusi pada penyebab penyakit jantung lemah, antara lain:

  • Riwayat adanya ciri-ciri jantung lemah, keberadaan henti jantung mendadak dan gagal jantung pada salah satu keluarga
  • Penyakit jantung koroner
  • Diabetes
  • Obesitas
  • Tekanan darah tinggi jangka panjang
  • Kerusakan jaringan jantung akibat serangan jantung
  • Detak jantung cepat kronis
  • Masalah katup jantung, dan amsih banyak lainnya

4 dari 4 halaman

Penyebab Penyakit Jantung Bawaan

Penyebab Penyakit JantungPenyebab Penyakit Jantung © 2020 shutterstock.com/WAYHOME studio

Penyebab penyakit jantung bawaan ini berkembang saat bayi masih berkembang di dalam rahim. Beberapa kelainan jantung mungkin serius dan didiagnosis dan diobati sejak dini. Beberapa juga mungkin tidak terdiagnosis selama bertahun-tahun.

Selain itu juga bisa perubahan struktur jantung seiring dengan bertambahnya usia. Kondiis tersebut bisa membaut jantung jadi cacat, menyebabkan komplikasi dan juga masalah.

Penyebab penyakit jantung sebenarnay dibedakan dari kondisi bawaan jantung. Namun yang paling dominan adalah karena pilihan gaya hidup. Pertanyannya, sudahkah gaya hidupmu mendukung kesehatan jantungmu?

Beri Komentar