Telapak Tangan Sering Berkeringat Tanda Jantung Lemah, Mitos atau Fakta?

Reporter : Mutia Wella Lukitasari
Senin, 20 Juli 2020 08:25
Telapak Tangan Sering Berkeringat Tanda Jantung Lemah, Mitos atau Fakta?
Apa hubungannya ya keringat di telapak tangan dengan jantung?

Telapak tangan umumnya memang bukanlah bagian yang sering berkeringat karena merupakan bagian tubuh yang jarang tertutup. Namun banyak sebagian dari kita yang sering berkeringat di bagian tangan.

Terdapat mitos yang berkembang di masyarakat yang mengatakan jika tangan yang sering berkeringat menandakan orang tersebut memiliki penyakit jantung atau bahkan jantung lemah. Ini sebenarnya mitos atau memang fakta sih?

1 dari 2 halaman

Ilustrasi Organ JantungIlustrasi Organ Jantung © www.livescience.com

Dilansir dari medicalnewstoday.com, sebenarnya terdapat duahal yang dapat membuat seseorang memproduksi minyak berlebih pada tubuh. Yitu pada telapak tangan (palm sweating) dan pada telapak kaki (plantar sweating).

Kondisi ini sendiri disebabkan karena tubuh memiliki kelebihan hormon tiroid dalam darah (hipertiroid).

Selain itu, kondisi telapak tangan yang kerap basah karena keringat menunjukkan jika sel-sel tubuhnya mengalami pembakaran secara berlebih. Nah, hal ini dapat membuat jantung berdetak lebih cepat.

Karena itulah hipertiroid sering dihubungkan dengan penyakit jantung.

2 dari 2 halaman

 

Ilustrasi TanganIlustrasi Tangan © Luis Quintero/unsplash

Jadi telapak tangan yang sering basah karena berkeringat bukan disebabkan karena jantung yang lemah.
Karena, penyakit jantung lemah, akan diikuti dengan gejala lain seperti sesak nafas, mudah lelah, nafsu makan rendah hingga gangguan memori.

Tak perlu khawatir lagi ya, jika kamu hanya mengalami telapak tangan yang berkeringat dengan berlebih tanpa gejala lainnya maka itu tak menandakan kamu memiliki penyakit jantung atau pun jantung lemah ya.

Beri Komentar