Jantung Berdetak Sangat Cepat, Kenali Penyakit Takikardia yang Diderita Jessica Iskandar

Reporter : Mutia Wella Lukitasari
Minggu, 19 Juli 2020 08:25
Jantung Berdetak Sangat Cepat, Kenali Penyakit Takikardia yang Diderita Jessica Iskandar
Takikardia merupakan salah satu penyakit yang menyebabkan gangguan pada jantung.

Penyakit Takikardia merupakan salah satu penyakit yang cukup asing di telinga. Namun baru-baru ini terdapat salah satu selebriti yang didiagnosis dengan penyakit ini, yaitu Jessica Iskandar.

Takikardia sendiri merupakan suatu gangguan yang membuat detak jantung meningkat. Normalnya jantung berdetak sebanyak 60 hingga 100 kali, namun penderita takikardia akan mengalami detakan yang lebih dari angka tersebut.

Jantung yang berdetak terlalu cepat akan kesulitan untuk memompa aliran darah ke seluruh bagian tubuh. Hal ini akan berdampak pada beberapa bagian tubuh seperti nafas pendek, kepala terasa melayang, nyeri dada, hingga pingsan.

1 dari 3 halaman

Ilustrasi Sakit Jantung © Diadona

Pada beberapa kasus, penderita takikardia bisa jadi tak menunjukan gejala apapun. Namun hal ini dapat diketahui setelah melakukan cek kondisi fisik dengan alat rekam jantung, seperti elektrokardiogram (EKG).

Jika penyakit ini tak segera ditangani, Takikardia dapat menyebabkan penderitanya gagal jantung, stroke hingga henti jantung mendadak. Menurut WFO (World Health Organization), 31% kematian di dunia disebabkan karena penyakit jantung, yaitu sebanyak 17,9 juta jiwa.

2 dari 3 halaman

ilustrasi jantung © Diadona

Penderita penyakit ini dapat disebabkan karena beberapa faktor, misalnya seperti:

- Tekanan darah tinggi (Hipertensi)
- Pasokan darah yang buruk pada otot jantung dikarenakan penyakit arteri koroner (aterosklerosis), penyakit katup jantung, gagal jantung, penyakit otot jantung (kardiomiopati), tumor, atau infeksi

-Faktor medis, seperti penyakit tiroid, paru-paru, ketidak seimbangan elektrolit hingga penyalahgunaan obat-obatan
- Tekanan emosional
-Konsumsi minuman kafein atau alkohol dengan berlebihan.

 

3 dari 3 halaman

Ilustrasi Sakit Jantung © Diadona

Selain itu seseorang juga bisa mendapatkan penyakit ini bila ada faktor genetik dari keturunannya.

Nah karena sebagai penyakit yang cukup membahayakan karena dapat mengakibatkan kematian, sebaiknya kita perlu melakukan pengecekan medis untuk memastikan ada atau tidaknya penyakit ini ya.

Beri Komentar