6 Tips Menjaga Charger iPhone Agar Tetap Awet, Auto Gak Bakal Beli yang Baru deh

Reporter : Yoyok
Selasa, 20 Februari 2024 13:33
6 Tips Menjaga Charger iPhone Agar Tetap Awet, Auto Gak Bakal Beli yang Baru deh
Gak cuma handphone-nya yang cepat rusak, tapi juga charger-nya.

Siapa yang tidak kenal dengan merek elektronik sekelas Apple? Apple memiliki banyak produk yang akrab di telinga bahkan mata masyarakat. Salah satunya yang masif banget dipakai orang-orang adalah smartphone dari Apple bernama iPhone.

iPhone sudah menjadi salah satu gadget mutakhir yang secara tidak langsung juga mendongkrak pamor juga lho. Kamu bisa melihat banyak orang yang ingin beli iPhone hanya karena nilai prestisius yang dihadirkan. Padahal, secara fitur, smartphone Android juga tidak kalah dengan iPhone.

Tidak heran jika banyak aksesoris iPhone yang diincar banyak orang. Mulai dari casing, earpods, hingga charger. Untuk charger, ternyata banyak orang yang merasa jika aksesoris iPhone satu ini cepat rusak. Memang sih charger beserta kabelnya bisa setiap hari digunakan oleh para pengguna iPhone. Namun, kalau pemakaiannya secara sembarangan dan asal colok yang penting baterai iPhone terisi, ya habit seperti itu juga bisa bikin charger cepat rusak lho.

Tim Diadona telah merangkum beberapa tips yang bisa kamu coba agar charger iPhone agar awet. Yuk disimak guys.

1 dari 6 halaman

Tips Merawat Charger iPhone Agar Awet dengan Mengulung Kabel Pelan-pelan

Tips Charger iPhone Agar Awet © Diadona

Tips yang pertama yaitu dengan menggulung kabel secara pelan-pelan. Banyak dari pengguna iPhone tidak memperhatikan hal ini. Jika kamu tergesa-gesa dalam menggulung, nantinya komponen dalam kabel bakal cepat rusak.

Cara merawat komponen di dalam kabel tersebut yaitu dengan digulung secara pelan-pelan. Gulunglah kabel secara perlahan sebanyak tiga atau empat lingkaran. Setelah digulung, selipkan masing-masing ujungnya ke dalam loop. Jangan sampai membuat kabel tertekan atau tertekuk.

2 dari 6 halaman

Tips Merawat Charger iPhone Agar Awet dengan Hati-Hati saat Mencabut Kabel

Tips Charger iPhone Agar Awet © Diadona

Berikutnya yaitu dengan hati-hati saat mencabut kabel charger dari iPhone. Sering ketika buru-buru, para pengguna iPhone akan secara cepat mencabut kabel saat dayanya masih diisi. Bahkan, tidak jarang yang mencabutnya secara kasar.

Cara seperti ini yang dapat merusak kabel charger cepat rusak. Tidak hanya kabelnya, socket iPhone juga bisa ikutan rusak karena ditarik secara kasar. Jadi, walaupun kamu sedang buru-buru, cabutlah kabel charger dari iPhone secara hati-hati atau perlahan.

3 dari 6 halaman

Tips Merawat Charger iPhone Agar Awet dengan Pakai Pelindung

Tips Charger iPhone Agar Awet © Diadona

Selanjutnya yaitu kamu bisa menggunakan pelindung agar kabel charger tetap awet. Ujung kabel memang memiliki potensi untuk tertekuk, baik itu saat kamu masih main iPhone meski sedang di-charge atau karena ruang sempit. Maka dari itu, kamu bisa memasang pelindung di ujung kabel agar tidak mudah tertekuk.

Kamu juga bisa menggunakan pelindung pada badan kabel. Selain memiliki pilihan warna yang menarik, pelindung badan kabel juga menjaga agar tetap bersih.

4 dari 6 halaman

Tips Merawat Charger iPhone Agar Awet dengan Melepaskan dari Colokan setelah Mengisi

Tips Charger iPhone Agar Awet © Diadona

Tips keempat yaitu jangan lupa melepas charger dari colokan setelah digunakan. Banyak orang akan malas melepas charger dari colokan setelah digunakan. Padahal, hal ini bakal menyebabkan kerusakan pada charger.

Bahkan, di beberapa kasus, kabel bisa gosong atau meleleh karena kepala charger masih tertancap di colokan. Maka dari itu, jangan lupa untuk melepas kepala charger dari colokan setelah digunakan.

5 dari 6 halaman

Tips Merawat Charger iPhone Agar Awet dengan Punya Kabel dan Kepala Charger Cadangan

Tips Charger iPhone Agar Awet © Diadona

Ternyata, memiliki satu kabel dan charger iPhone ori saja tidak cukup lho. Untuk jaga-jaga, sebaiknya kamu memiliki dua charger iPhone sebagai cadangan. Salah satu faktor yang membuat kamu harus memiliki cadangan charger adalah habit sering kali pindah-pindah colokan.

Contohnya seperti kamu sering kali menggunakan colokan di rumah, mobil, atau tempat umum sekalipun. Hal ini membuat kabel charger tidak awet dan akan cepat rusak.

6 dari 6 halaman

Tips Merawat Charger iPhone Agar Awet dengan Simpan di Tempat yang Aman saat Bepergian

Tips Charger iPhone Agar Awet © Diadona

Tips terakhir yaitu selalu perhatikan tempat penyimpanan ketika bepergian. Ketika disimpan dalam tas dan peletakannya sembarangan, hal ini juga bisa membuat kabel charger rusak. Apalagi jika dimasukkan ke dalam saku yang sempit, tentu kabel bisa rusak.

Kamu bisa menggunakan wadah atau tempat khusus untuk peralatan gadget. Sudah banyak yang menjualnya di e-commerce dan harganya pun terjangkau.

Itulah beberapa tips menjaga charger iPhone agar tetap awet. Semoga membantu ya Diazens.

Beri Komentar